Polsek Firdaus Gelar Diversi Kasus Ter duga Pencurian Anak Dibawah Umur,

 



SERGAI -(SHR)

      Polsek Firdaus dijajaran Polres Ser hai, gelar sidang diversi atas nama Ter duga B (16) warga kecamatan Seibam ban - Sergai,karena dituding ikut mem bantu menjualkan barang curian milik negara yang disimpan didalam gudang.

 Sidang diversi dihadiri Ketua P2TP2 Sergai,Akbar Dev ST, Iswan Rofflis SH PK - Pratama Bapas Kelas I Medan,Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya dan Komisioner KPU Sergai Bayu Afrianto dan Chairul,perangkat Desa Penggala ngan, Abang angkat terduga.

   Kapolsek Firdaus AKP Idham Halik diwakili Kanit Res,Ipda Maruli Sihombing dan Penyidik pembantu Aiptu Azmi Lubis.

     Sebelumnya pihak P2TP2 Sergai dan Bapas (Badan Pelindungan Anak/Saksi), sudah memeriksa terduga.

   Hasil persidangan menyatakan,karena terduga masih dibawah umur (belum 18 tahun),maka sesuai amanat UU apalagi ancaman hukumannya dibawah 7 tahun, maka terduga tidak ditahan." Diversi ini hanya berlaku satu kali,kalau besok Ter duga melakukan perbuatan yang melang gar hukum (pidana),maka tidak ada lagi haknya untuk melakukan diversi",jelas Iswan dari Bapas Kelas I Medan.

     Sekaligus,Ketua KPUD Sergai,Erdian juga menyetujui hasil diversi untuk tidak menahan terduga karena dibawah umur, tetapi kasus pencurian barang milik ne gara ini tetap dilanjutkan hingga pelaku utamanya tertangkap,kata Erdian.

 Sebelumnya,terduga B ditangkap perso nel Reskrim Polsek Firdaus pada hari Minggu (15/8/2021) siang.

     Terduga bersama otak pelaku YW alias Iblis (24) dan beberapa pelaku lain nya (belum tertangkap),ada menjual 1.879 keping aluminium milik KPU RI ( bilik suara saat pemilu yang lalu),yang disimpan didalam gudang Bulog di desa Penggalangan kecamatan Seibamban.

    Hal ini sesuai laporan pihak KPUD Ser hai pada hari Kamis (12/8/2021),setelah pegawai KPUD Sergai mengecek keloka si gudang ternyata,pintu gudang yang terbuat dari besi juga sudah "menganga lebar" akibat pintunya raib. Sekaligus, lempengan plat aluminium sebanyak 1.879 keping atau sekitar berat kurang lebih 2 Ton,yang selama beberapakali pemilu digunakan untuk Bilik Suara,juga raib.

     Informasi dari KPUD Sergai menyebut kan,kalau gudang tersebut sejak Pilkada tahun 2020 yang lalu,hanya beberapa bu kan saja dijaga. "Karena nggak ada ang dan ya nggak dijaga,lagipula kami lihat pintu besinya cukup kuat",katanya di Polsek Firdaus.

    Setelah mendapat laporan,Reskrim Polsek Firdaus bergerak mencari infor Masi. Saat ingin menangkap otak pelaku dari pencurian berjamaah ini,ternyata su dah bocor duluan.

   Saat melakukan pengendapan,ternyata rumah atau dapur yang dijadikan lokasi pengintaian,adalah rumah dari salah satu tersangka. Dan diduga dari mulut Mamak tersangka inilah,otak pelaku kabur bahkan anaknya juga ikut buron.

    Terduga B dan keluarga sangat kopera tif ketika dibawa ke Polsek Firdaus,dan mengakui kalau dirinya hanya menjadi Ojek guna membawa barang tersebut.

   "Saya ada beberapa kali dipanggil un tuk ngantar barang ke Botot,karena saya punya kereta. Aluminium itu dimasuk kan kedalam goni plastik besar,sekitar 15 - 20 keping satu goni. Sekali bawa paling 2 goni dan kalau isinya kempes bisa 3 goni,dan ini ada 5 kali saya dipang golnya. Goni yang berisi aluminium itu, kami bawa dari rumah di Iblis (rumahnya dekat gudang),dan saya nggak pernah masuk ke gudang,dan kalau dia nerima yang dari Botot paling saya dikasihnya Rp 50 ribu",papar terduga.

    Terduga selama ini tinggal dengan ke luarga angkatnya di Desa Penggalangan, dan masih duduk di bangku SMA kelas II. Sejak kelas 3 SD orangtua laki-lakinya meninggal dunia,dan mempunyai adik yang saat ini dirawat Uwaknya di Tebing.

   Mamak terduga,setahun setelah ayah nya meninggal dunia karena memikirkan nasib anaknya, merantau bekerja di negeri Jiran Malaysia. Hingga kini belum ada pulang ke Sergai,tetapi sejak tinggal di rumah bapak angkatnya yang dikenal Mamaknya,ada mengirimi biaya untuk sekolahnya.

    "Kalau biaya untuk sekolah ada dikirim,tapi nggak cukuplah. Karena orangtua angkatku baik,aku harus tau di RI membantu dirumah ya tugas mengarit rumput kalau pulang sekolah untuk makan Kambing,itu sudah tugasku",papar terduga.

Sumber informasi Kasih humas polres Sergai

Editor; ceria

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.