Pangdam Kodam I/BB Tutup Rapim Tahun 2017




Medan,SHR- Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung pimpin acara penutupan Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam I/BB Tahun 2017 di Ruang Manunggal, Lt V Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (09/02/2017).
 

Mayjen TNI Lodewyk Pusung

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan agar pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam I/BB segera dipahami oleh seluruh peserta Rapim sehingga dapat diteruskan serta dijabarkan hingga ke unsur pimpinan paling bawah.Pemahaman yang komprehensif atas pokok-pokok kebijakan pimpinan yang dilengkapi dengan hasil komunikasi dua arah selama jalannya Rapim, diharapkan telah dapat membentukkesamaan visi, misi dan persepsi serta meningkatkan soliditas di antara para unsur pimpinan di lingkungan Kodam I/BB sebagaimana tujuan yang diharapkan bersama. 

"Dengan telah selesainya Rapim, maka para Dansat harus segera melangkah untuk melaksanakan program dan anggaran yang telah ditetapkan. Sebelum kegiatan Rapim ini ditutup secara resmi, selaku Pangdam I/BB perlu ingatkan bahwa paparan dan diskusi yang selenggarakan selama dua hari dalam rangka merancang dukungan pengimplementasikan prioritas kebijakan pimpinan, agar mampu mencapai sasaran secara lebih optimal," papar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan dalam evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam I/BB TA 2016 yang telah disampaikan, masih terlihat adanya sasaran program yang belum tercapai secara optimal dalam setiap bidang dan fungsi. Permasalahan ini memang terlihat klasik setiap tahunnya, namun demikian Pangdam I/BB berharap agar disikapi dengan serius dan upayakan solusi alternatif pemecahannya secara baik, sehingga permasalahan yang menonjol disetiap bidang atau fungsi dimasa mendatang semakin berkurang. 

"Sasaran opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas kinerja dan pengelolaan anggaran, harus dijadikan sebagai prioritas untuk dicapai pada akhir tahun nanti," jelasnya.

Penekanan penilaian kepada peserta Rapim untuk dipahami dan dipedomani oleh para peserta Rapim agar disampaikan kepada seluruh prajurit Kodam I/BB di manapun berada, sebagai berikut. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kedua, hindari setiap pelanggaran yang dapat merusak citra TNI di masyarakat dan terus tingkatkan prestasi. 

Ketiga, laksanakan latihan secara terus menerus untuk meningkatkan profesionalisme. Keempat, siapkan satuan untuk perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam pengamanan Pilkada serentak pada Tahun 2017 serta tugas penanggulangan bencana. Kelima, laksanakan werving prajurit dengan benar sehingga didapat prajurit yang dapat melaksanakan tugas di satuan.Keenam, pertahankan Netralitas TNI  dari tingkat atas sampai satuan paling bawah dalam Pilkada Tahun 2017 agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Ketujuh, laksanakan proses perencanaan, pengadaan barang dan jasa dengan prinsip transparan dan akuntabel serta tingkatkan tertib 
administrasi, agar dapat tercapai penilaian WTP dan hindari tindakan yang mengarah pada korupsi. Kedelapan, tingkatkan peran serta dalam mendukung keberhasilan tugas-tugas Pemda dan masyarakat sebagai bagian dari tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

Kesembilan, pedomani delapan wajib TNI, khususnya terkait interaksi dengan rakyat.  Kesepuluh, perkuat infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia terkait pengamanan informasi dan data agar terhindar dari ancaman serangan siber serta tingkatkan pengetahuan personel Kodam I/BB terkait keamanan dan etika dalam menggunakan Internet serta Sosial  Media.

Dalam rangkaian kegiatan Rapim juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid AR-Rahman Kompi bantuan Batalyon Zipur  1/DD didampingi Ketua Majelis Ulama Islam Kota Medan Prof DR M Hatta MA.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam I/BB, Para Danrem Jajaran Kodam I/BB, Irdam I/BB, Danrindam I/BB, Staf Ahli Pangdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, L.O TNI AU, Danbrigif 7/RR, para Kabalakdam I/BB, para Dandim, para Danyon dan para Dansat BS jajaran Kodam I/BB, Buya DR H Amiruddin MS, Ustad Drs Amhar Nasution MA, GM PT Pelindo I Belawan dan Ketua Majelis Taqlim Halimah Hajjah Zulfaridah.(Rel)

Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276