Bupati Samosir Serahkan Bantuan Pupuk Gratis ke Kelompok Tani Kecamatan Nainggolan


SAMOSIR (SHR) - Dalam upaya mendukung kesejahteraan petani, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyerahkan bantuan pupuk gratis kepada 68 kelompok tani di Kecamatan Nainggolan. Acara penyerahan berlangsung pada 4 Juli 2024, di Desa Sipinggan.

Bantuan ini merupakan bagian dari program pemenuhan pupuk untuk tanaman jagung. Sebelumnya, Dinas Ketapang dan Pertanian telah menyalurkan bibit jagung untuk 1.690 hektar lahan, lengkap dengan POC dan pupuk hayati. Total 19,1 ton pupuk NPK 15-15-15, hasil sinergi dengan Kementerian Pertanian, didistribusikan kepada para petani.

“Pemberian pupuk gratis ini adalah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Bupati Vandiko. Beliau menambahkan, keterbatasan anggaran tidak menjadi penghalang karena sinergi antara anggaran Pemkab, provinsi, dan pusat memungkinkan berbagai proposal bantuan membuahkan hasil.

Perwakilan kelompok tani, Belinjo Situmorang, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Samosir. "Kami berharap program ini terus berlanjut, terutama dalam hal irigasi. Sudah banyak yang Bapak berikan kepada kami selama masa pemerintahan," katanya.

Bupati Vandiko juga mengajak pihak kepolisian dan TNI untuk turut mengawasi bantuan pupuk agar tidak terjadi penyalahgunaan. "Kami ingin memastikan bahwa bantuan ini sampai ke tangan yang benar dan dimanfaatkan dengan baik," tegasnya.

Kadis Pertanian Tumiur Gultom berharap bantuan ini benar-benar dimanfaatkan oleh para petani agar bantuan yang lebih banyak lagi bisa diperoleh di masa depan. "Kami sudah mengajukan permohonan 200 unit pompa air untuk kebutuhan pertanian padi. Kami berharap kelompok tani segera memberikan usulan terkait kebutuhan ini," ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Nainggolan Tino Nainggolan, Forkopimca Nainggolan, dan seluruh penerima manfaat.

(CS/SHR)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.