Ikuti Rakernis Tahun 2024, LPKA Palu Komitmen Wujudkan Pemasyarakatan Pasti Berdampak


Banggai –,(SHR) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu hadir dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan dan sosialisasi Teknis Pemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), Kamis, (13/6/2024). Rakernis ini merupakan bagian dari komitmen LPKA Palu dalam mewujudkan Pemasyarakatan Pasti Berdampak.

LPKA Palu yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, Mokhmad Ma’ruf, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para petugas pemasyarakaatan untuk lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

“Menjadi tugas kita memberikan pengawasan, perlindungan, pendampingan, hingga pembinaan bagi Tahanan anak, anak binaan ataupun narapidana agar menjadi contoh teladan yang baik  di masyarakat setelah menjalani masa hukuman di Lapas/Rutan/LPKA,” ungkap Ma’ruf

Pada kesempatan itu, Ma’ruf juga menjelaskan proses pemenuhan hak bagi tahanan anak dan anak binaan di LPKA Palu telah menerapkan prinsip-prinsip HAM. 

Hal ini Kembali ditegaskan oleh Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun dalam menjaga keamanan dan ketertiban pihaknya telah melakukan jalinan Kerjasama dengan TNI/Polri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam hal ini juga memberikan pelatihan baris-berbaris guna mewujudkan sikap disiplin kepada petugas dan anak binaan.

“Kami di LPKA Palu terus berupaya dalam pemenuhan hak dan kewajiban bagi tahanan dan anak binaan. Hal tersebut merupakan komitken kami untuk menciptakan generasi muda yang unggul. Tidak lupa, para petugas kami juga dibekali dengan pelatihan-pelatihan khusus melalui jalinan sinergitas bersama TNI/Polri ataupun OPD di daerah Sulawesi Tengah,” jelas Revanda

“Pemasyarakatan Pasti Berdampak menurut kami, yaitu memunyai pengaruh kuat untuk mendatangkan hasil yang dirasakan langsung oleh penerima manfaat sehingga merasakan perubahan yang nyata,” tambahnya

Rakernis tersebut bertempat di Swissbel Hotel Luwuk Banggai dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Supriyanto dalam hal ini menyampaikan semangat untuk para petugas Pemasyarakatan agar terus memberikan dampak postif bagi organisasi khususnya dalam memberikan pembinaan bagi Tahanan, Anak Binaan, dan Narapidana di Lapas/Rutan/LPKA.

Suprianto juga berharap melalui rakernis ini dapat menjadi wadah intropeksi diri, menyatukan pikiran serta bersinergi dalam mengambil langkah-langkah untuk menjawab tantangan ataupun isu-isu krusial yang terjadi di Pemasyarakatan.

Dimomen ini, Suprianto memberikan apresiasi bagi unit pelaksanaan teknis pemasyarakatan yang telah bekerja maksimal dalam menyukseskan Pemasyarakatan Pasti Berdampak.

“Ini merupakan momentum bagi kita semua untuk melakukan evaluasi rencana aksi yang menjadi acuan ataupun panduan kita agar kedepannya bisa lebih mewujudkan pemasyarakatan yang semakin berdampak,” ujar Suprianto

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap seluruh petugas Pemasyarakatan dapat mengimplementasikan hal-hal yang mampu memberikan pembinaan yang bermutu.

“Mari bersama kita wujudkan Pemasyarakatan Pasti Berdampak yang baik, wujudkan pelayanan prima melalui tatanan nilai-nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif,” pungkas Kakanwil Hermansyah

Para petugas Pemasyarakatan menerima penguatan dan pemahaman di Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan.

Diharapkan melalui kegiatan ini, Lapas/Rutan/LPKA dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada Tahanan, Narapidana dan Anak Binaan, sehingga mewujudkan Pemasyarakatan Pasti Berdampak Positif dan mampu memajukan organisasi kedepannya.(Ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.