Pj Kades Fadoro Hilimbowo Klarifikasi Postingan Warga Tentang Bantuan Pangan


Swarahatirakyat.com (Lahewa) Bearo Gea Pj.Kades Fadoro hilimbowo kecamatan lahewa kabupaten Nias Utara.Menyampaikan klarifikasi kepada awak media ini saat di temui di kantor Desa Fadoro hilimbowo,Kamis 21/03/2024.

Klarifikasi tersebut terkait unggahan sala satu akun Facebook warga desa Fadoro hilimbowo atas nama winusman Lahagu pada Rabu 20 Maret 2024 dimana postingan tersebut tentang pembagian Bantuan Pangan (beras) yang di Danai dari Dana Desa 2024 tidak sesuai dengan hasil musyawarah di tingkat Desa pada APBDes 2024.

Menurut warga bahwa pengadaan beras tersebut tidak sesuai dengan kesepakatan masyarakat  sehingga menimbulkan berbagai pendapat Netizen pada kolom komentar sebab pada postingan itu telah di uraikan bahwa yang di sepakati ada beras SKJ atau lima berlian tapi ternyata yang di bagikan ada beras bermerk Merah Putih dengan bertuliskan 30 kg "kata winusman Lahagu pada unggahannya"

Kades Fadoro hilimbowo ketika di konfirmasi di ruang kantor Desa dan beberapa perangkat Desa.Menyampaikan bahwa sebelum saya menjabat Pj kades sudah di tetapkan APBDes pada 2023 untuk anggaran Dana Desa tahun 2024 salah satunya program pengadaan bibit ternak ( Babi).

Tetap begitu saya masuk pada bulan Desember 2023 masyarakat desa menyampaikan keluhannya bahwa apa bila dapat di rubah APBDes tentang pengadaan bibit ternak karena pertimbangan bahwa penyakit ternak masih ada sehingga saya menampung apa yang di sampaikan oleh masyarakat karena mereka lah sebagai pemanfaat kita hanya memfasilitasi melalui anggaran Dana Desa "jelasnya".

Sehingga saya sebagai Pj kades komunikasi kepada perangkat desa dan unsur BPD Desa Fadoro hilimbowo untuk merencanakan rapat musyawarah bersama masyarakat Desa.Maka kesepakatan kami mengundang seluruh masyarakat desa dan aparat dan perangkat desa dan BPD yang telah terlaksana pada bulan Januari 2024 sehingga hasil kesepakatan musyawarah pada saat itu adalah merubah pengajuan dalam APBDes pengadaan bibit ternak (Babi)menjadi pengadaan Pangan (Beras) "tandasnya".

Bearo Gea menambahkan bahwa kami sebagai Pj kades Fadoro hilimbowo selalu terbuka informasi kepada masyarakat,maka saya berharap kepada warga bila ada yang jelas silahkan datang di kantor Desa yang jelasnya anggaran pengadaan Pangan (beras) dengan besaran 200 juta lebih termasuk pajak dan mobilisasi sedangkan yang mendapatkan 160 KPM sehingga setiap KPM mendapatkan 60 kg pertahun karena hanya 40 % yang sudah terealisasi maka tahap pertama ini kami belanjakan 40 kg/KPM"jelasnya".

Menurutnya postingan seperti itu mari kita ambil maknanya untuk memperbaiki kekurangan dan menjadi motivasi bagi kami sebagai pelaksana Dana Desa yang penting kami selalu menghargai saran dan pendapat warga yang bersifat membangun.... "ujarnya".

Kendati pada saat konfirmasi ini hadir juga yang posting di media sosial Fecebook winusman Lahagu dan mempertanyakan juga harga satuan beras tersebut.Namun PJ Kades mengatakan untuk mengetahui lebih detail silahkan besok temui operator desa karena saat ini dia ada urusan diluar atau tidak hadir "tutup kades" (Fzal)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.