Pemdes Sisobahili Salurkan BLT Sebanyak 59 KPM Selama Dua Bulan.

 



Swarahatirakayat.com (Afulu) Pada tanggal 23 Pebruari 2024,sebuah peristiwa yang dinantikan oleh setiap masyarakat Desa dengan penuh semangat. Kegiatan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa menjadi bukti konkret komitmen pemerintah dalam mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di tingkat pedesaan.

Acara ini berlangsung di Balai serbaguna Desa Sisobahili kecamatan Afulu kabupaten Nias Utara, menjadi bukti nyata dari kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta memberdayakan masyarakat desa.Pembagian BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) triwulan 1 yaitu bulan Januari dan Februari  Tahun 2024 sebanyak 59 KPM dengan jumlah Rp. 600.000,00 per KPM.

Acara pembagian ini dengan semangat dengan beberapa  keluarga penerima manfaat hadir dengan harapan baru untuk mendapatkan bantuan yang akan memberikan dampak positif pada kehidupan keluarga mereka.

Beberapa kata kata sambutan menyampaikan bahwa BLT Dana Desa kali ini memberikan bantuan senilai 300.000 rupiah perbulannya kepada setiap keluarga penerima selama dua bulan  Januari - Pebruari 2024 hal ini semoga dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dan mengurangi beban ekonomi "Harap para tokoh.

Pj kades sisobahili Airdingin Waruwu SE. Menyampaikan dalam sambutannya bahwa Peristiwa pembagian BLT yang bersumber dari Dana Desa ini,tidak hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga mencerminkan bagaimana kerja keras pemerintah dan semangat gotong royong masyarakat sehingga dapat berdampak positif.

Dapat kami jelaskan pada kesempatan ini, bahwa tahun 2024 tahap pertama hanya 6 desa yang sudah masuk dalam rekening Desa hal ini sesuai dengan percepatan penetapan APBDes 2024 di antara 6 desa maka termasuk salah satu Desa kita.

"Lanjut Pj Kades menjelaskan bahwa penyaluran BLT ini sudah berjalan beberapa tahun,dan tentu kami menjalankan sesuai dengan aturan yang ada.Akan tetapi kami tetap berpedoman pada mekanisme penggunaan anggaran Dana Desa, bahwa salah satunya anggaran BLT Dana Desa sudah ada ketentuan 25% dari jumlah anggaran Dana Desa tidak boleh lebih"Jelasnya"

Kemudian pada tahun 2023 KPM desa sisobahili sebanyak 62 KPM sesuai besarnya Dana Desa,namun tahun 2024 dapat kami jelaskan bahwa ada pengurangan Dana Desa sehingga kuota KPM juga berkurang hal ini bukan kami sebagai pemerintah Desa sengaja untuk mengurangi nya akan tetapi ketentuan dan mekanisme yang kami jalankan"Ucapnya"

Kami berharap supaya bantuan ini tidak hanya menjadi stimulus ekonomi di tingkat desa, tetapi juga mengirim pesan kuat tentang arti kemanusiaan dan keadilan sosial dari pemerintah pusat dan daerah.Melalui acara ini, masyarakat desa merasakan sentuhan nyata dari pemerintah dalam usaha bersama membangun masa depan yang lebih baik lagi.

Sambutan mewakili KPM oleh Benali Zalukhu.Mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah pusat dan kepada pemerintah Daerah dan kepada pemerintah Desa Sisobahili,beliau menitipkan pesan supaya bantuan ini dapat berjalan dengan baik sehingga masyarakat yang penghasilannya di bawah rata rata dapat terbantu "Imbuhnya"

pembagian BLT DD ini di hadiri oleh Pj Desa,Sekdes,dan seluruh aparatur Desa Sisobahili Ketua BPD ketua LPM,Mantan Kepala Desa Sisobahili dan seluruh KPM BLT (Fzal)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.