Surat Terbuka dari Badko HMI Sumatera Utara untuk Presiden Jokowi: Pak Presiden, Sumut Butuh Sentuhan Lebih

 



Medan,(SHR)Dalam kunjungan kerja kedua presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo, di Sumatera Utara dari tanggal 25 sampai 27 Agustus 2023. Ketua Umum Badko HMI Sumatera Utara Abdul Rahman menyampaikan kebahagiaan dan menyambut dengan hangat.

"Kehadiran Presiden dalam kunjungan keduanya di Sumatera Utara, Kami Badko HMI Sumatera dengan tulus mengucapkan selamat datang atas kehadiran pak presiden di Sumut. Kehadiran bapak adalah suatu kehormatan besar bagi kami semua. Sebagai pemimpin negara, Anda telah berdedikasi untuk melayani dan memimpin dengan kebijaksanaan."

Perlu di ketahui bahwa Sumatera Utara memiliki keunikan dan corak berbeda dengan provinsi lainnya. Badko HMI Sumut menyampaikan surat terbuka untuk presiden sebagai ungkapan bahwa persoalan di Sumatera Utara harus segera diselesaikan berikut buah pikir HMI Sumut kami sampaikan :

1. Persoalan KAMTIBMAS (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), peredaran Narkoba dan TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang). Sumatera Utara mendapatkan peringkat 2 (dua) sekitar 4.883 kasus dalam tindak pidana Narkoba menurut data BNN, peringkat 1 (satu) kriminalitas di tahun 2022 berdasarkan jumlah penindakan berkisar 43.497 kasus. Kami ingin Bapak Presiden memberikan perhatian serius akan soal ini karena pemuda sumatara utara resource pemimpin masa depan indonesia. Sedangkan menurut PPATK kasus TPPO di Sumatera Utara mencapai angka 90 Triliun, bisa dibayangkan berapa kasus yang saat ini sedang terjadi jika tidak dilakukan secara sinergitas dan kolaborasi dengan baik.

2. Persoalan lingkungan dan pelestarian alam. Sumatera Utara memiliki kekayaan alam yang luar biasa, di sejumlah kabupaten di sumatera utara yang terdaftar memiliki hutan lindung, yang merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis terakhir di dunia. Namun, illegal logging, perambahan hutan, Konversi Hutan menjadi Perkebunan dan aktivitas ilegal lainnya mengancam kelestarian alam dan keanekaragaman hayati.

3. Isu pendidikan dan akses terhadap pendidikan berkualitas. Meskipun telah ada upaya untuk meningkatkan akses pendidikan di Sumatera Utara, masih terdapat daerah-daerah terpencil yang kesulitan dalam mengakses pendidikan berkualitas. Diperlukan investasi lebih lanjut dalam pembangunan fasilitas pendidikan, pelatihan guru, serta peningkatan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan daerah.

4. Persoalan ketenagakerjaan dan pengembangan ekonomi. Banyak lulusan perguruan tinggi di Sumatera Utara mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi mereka. Kami mengusulkan penguatan program magang, pelatihan vokasi, serta dukungan bagi wirausaha lokal untuk membantu mengatasi masalah ini dan mendorong pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.


5. Pembangunan di sumatera utara. Banyak program pusat pembangunan di sumatera utara mengalami penurunan kualitas dan capaian pembangunan (keterlambatan). Diantaranya PSN (Proyek Strategis Nasional) seperti Food Estate, pembangunan jalur Kereta Api Sumatera Bagian Utara, Tol Trans Sumatera, program 1 juta rumah jokowi, bendungan, irigasi sungai, SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) dan lainnya. Kami menduga terdapat Mega Korupsi dalam proyek tersebut.


6. Isu pertanian dan pertumbuhan ekonomi. Sumatera Utara memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, namun banyak petani masih menghadapi tantangan dalam akses terhadap teknologi modern, pendidikan pertanian yang memadai, dan pasar yang stabil. Kami menyoroti kelangkaan Pupuk Subsidi dan kami menduga PT Pupuk Indonesia melakukan penimbunan pupuk subsidi di beberapa gudang di Sumatera Utara, food estate yang sampai hari ini belum berjalan sesuai harapan rakyat.



Demikian Surat Terbuka kami untuk Bapak Presiden, semoga bapak berkenan membaca beberapa isu yang ingin kami sampaikan mengenai Sumatera Utara. Kami percaya bahwa dengan perhatian dan tindakan yang tepat dari pemerintah pusat, Sumatera Utara dapat menjadi contoh sukses bagi pembangunan dan kemajuan di seluruh Indonesia. Terima kasih atas perhatian bapak Presiden, semoga dalam kunjungan bapak Presiden dapat mendengar aspirasi Rakyat.

"Dalam setiap langkah kepemimpinan bapak, Anda telah membawa inspirasi dan perubahan positif bagi rakyat. Kami menghargai upaya pak Jokowi dalam memajukan negara ini menuju masa depan yang lebih baik dan makmur. Kita semua berharap untuk terus bersama-sama membangun dan mewujudkan visi misi yang bapak miliki untuk kemajuan bangsa". Tutup Abdul.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.