Nias Utara Sukses Export 74 Ton Kelapa Ke Hainan China.

 



Nias Utara (SHR)Pemda Nias Utara dibawah Kepemimpinan Bupati Amizaro Waruwu dan wakil Bupati Yusman Zega punya cara tersendiri untuk mempromosikan potensi daerahnya.

"Kabupaten Nias Utara Sukses Export 74 Ton Kelapa Ke Hainan China.Gunungsitoli, 08 Marer 2023.

Kabupaten Nias Utara laksanakan Launching export perdana kelapa Nias Utara yang di awali pemotongan pita oleh Gubernur sumatera Utara, disaksikan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Ir. Harlina Sulistyorini, M. Si. Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, PT.Astra beserta jajaranya yang di laksanakan di pelabuhan kota Gunungsitoli Rabu (8/3/2023).

Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Nias Utara berhasil mencatat rekor Muri se-Indonesia dengan peserta terbanyak pada bulan November 2022 tahun lalu pada HUT Pemkab Nias Utara.

“Hal ini salah satu yang mengangkat potensi Nias Utara, dan sehingga dampak positif terhadap masyarakat melalui penghasil kelapa se-Sumatera Utara. 

Dan saat ini, Kab. Nias Utara tercatat sebagai salah satu daerah pengexport Kelapa Keluar Negeri.Bupati Nias Utara Bapak Amizaro Waruwu, S.Pd menyampaikan kegiatan ini adalah wujud Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi daerah khususnya bidang perkebunan Kelapa dan akan terus berkelanjutan karena Kelapa Nias Utara merupakan penghasil Kelapa terbesar di kepulauan Nias.

Pemerintah sangat mendukung mensukseskan export kelapa ini yang merupakan terobosan pemerintah daerah dalam pelaksanaan program pengembangan ekonomi lokal yang di tempuh untuk menembus pasar internasional yang  bekerjasama dengan PT.Astra Internasional, melalui Program desa sejahtera guna mengembangkan potensi unggulan desa.

Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi mengucapkan,  selamat kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas eksport perdana kelapa Nias Utara ke Hainan China.

Drs, Syafrul M.Si Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi  mengatakan ada 2 jenis komoditas yang di ekspor ke Luar Negeri, untuk kelapa utuh di ekspor ke China dengan tahap awal sebanyak 100 ribu butir dan selanjutnya akan di sediakan sebanyak 8 juta butir setiap kali pengiriman. Kemudian, Kopra yang akan ekspor oleh  Kabupaten Nias Utara  ke Malaysia, India dan Pakistan.

Kelapa dan kopra yang di ekspor ke luar Negeri ini disediakan oleh  beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Nias Utara.  Harga kelapa dan kopra yang di ekspor ke beberapa Negara, lebih mahal di bandingkan dengan harga lokal sehingga kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha perkebunan kelapa.

Syafrul menyampaikan bahwa ekspor kelapa dan kopra ini tidak hanya dari Nias Utara saja tetapi dari 4 kabupaten/kota di Kepulauan Nias karena kebutuhan ke empat Negara ini cukup banyak.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.