Drh.Sahabat Berampu Berikan Bantuan Bibit Manggis Dan Durian Unggul Di Desa Karing.

 



Dairi|(SHR)Dokter hewan Sahabat Berampu adalah seorang tokoh masyarakat yang peduli akan tanah kelahiran yakni Desa Karing tercinta.

Dokter hewan Sahabat Berampu bekerja sama dengan PT Tani Jaya Indonesia dan PT RIS(milik Raja InaL Siregar)mantan Gubernur sumatera utara,berikan bantuan bibit durian unggul (jenis montong,musang king,dan Bawor)dan bibit manggis kepada organisasi pemuda Desa karing.

Bantuan bibit ini diberikan gratis minggu (5/2/2023)langsung kepada pengurus tokoh pemuda Desa Karing Gibson Siburian dan O.Sianturi di Desa Karing,Kecamatan Berampu,Kabupaten Dairi.

Target Sahabat berampu akan menurunkan 100 ribu bibit pohon durian dan manggis untuk Kabupaten Dairi,dan saat ini masih terwujud 13 ribu pohon,semua akan disebarkan disetiap kecamatan.Bibit ini di datangkan dari Jawa Timur oleh PT Tani Jaya Indonesia yang sudah uji tes oleh pakar pertanian terpadu. 


"Walaupun bekerja sama dengan PT Tani Jaya,hasil buah kemudian hari tidak harus terikat dengan pemasok bibit,contoh nya bila buah ini sudah berproduksi,penjualan hasil tidak diharuskan dengan pihak PT Tani Jaya,jika harga jual lebih tinggi dengan lain pihak,diperbolehkan menjual kelain pihak,namun jika kelak harga sama diharuskan menjual kepada pihak PT,jadi tidak ada terikat,"kata Sahabat berampu.


"Rencana kedepan hasil pertanian buah ini akan kita ekspor keluar negeri, dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita dapat menyerap ratusan bahkan ribuan tenaga kerja putra putri Dairi,dan mungkin bangunan ruangan pendingin di terminal Sitinjo yang saat ini mubajir,dapat kita fungsikan dengan cara kontrak dengan pemkab Dairi,otomatis SPSI FSPTI di Dairi akan berfungsi,"terang Sahabat Berampu.


"Tujuan lain dari penanaman buah ini adalah tabungan masa depan bagi para generasi muda,dan dapat di contoh oleh generasi berikutnya.kita ketahui tanah Dairi ,khusus desa Karing adalah tanah yang sangat subur,Saya akan berjuang membangun Desa kelahiran saya ini dengan menanamkan pertanian tepat guna,tepat sasaran,agar Desa tercinta ini dapat makmur dan berkembang,dapat jadi Desa pertanian percontohan bagi Desa lain,apalagi menjadi studi tiru bagi Desa bahkan Kabupaten lain,"paparnya.

Mengenai keuntungan pohon buah manggis ini diperkirakan satu pohon jika musim dapat menghasilkan 10 sampai 15 juta sedangkan durian dapat mencapai 5 sampai 10 juta,"terang Sahabat.

Sahabat berampu memang sangat getol membuat gebrakan pembangunan ,pertanian ,di desa kelahirannya ini,yakni Karing Nauli karing tercinta.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.