Festival Seni Budaya Jawa Deli Diselenggarakan Selama Dua Hari 26 - 27 Nopember 2022

 



Medan,(SHR) Festival Budaya Jawa Deli diselenggarakan selama dua hari ,26-27 Nopember 2022, Pendepokan Seni Budaya Jalan Istiqomah No.151 Keluaran Helvetia Timur Kota Medan.

Kegiatan hari ini sebuah program dari  kementerian yang percaya kepada kami keluarga Istiqomah dan Pendepokan seni istibudoyoh untuk menyelengarakan kegiatan kesenian 

Dalam dua tahun belakangan ini selama pendemi covid 19 ini kegiatan kesenian kita kita adakan.

Hari ini kita menimbulkan Ivoria Kembali terhadap seniman lokal budaya jawa masyarakat Sumut, kegiatan hari ini kita tarik istilokal dari Jawa dari sumut.

Dimana yang menempatkan posisi masyarakat Jawa sekarang ini karena adanya transmigrasi masyarakat  Jawa, pulau Jawa  kes Sumatra utara, pada masa kolonial Belanda perkebunan Deli Sumatera Timur .

Dari ditarik orang Jawa ke Sumatra Utara ini membawa kesenian seperti kesenian Jati Alah, Rea Ponorogo, Jara Pataram dan yang lain.

Kesenian pada sekarang ini bertahan pada masa lampau pulau Sumatera Utara, Kearifan Lokal budaya Melayu dan Budaya Batak.

Adapun Peserta Berpartisipasi 20 ,Terlibat 3 Kabupaten, Seperti Kota Mesan, Deliserdang, Serdang Bedagai.

Jenis- Jenis tari Kesenian, Tari Jati Jepong alah, Tari Rea Ponorogo,Tari rempong,Tari Jepong,Tari Edan - Edan Malam, wayang Malam, Gatot Kaca Wayang Gugup,Tari Gatot kaca  wayang gugup,tari Godang Sumut Berkolaborasi gruf Musik, Gedang Parkusi,Godang dari Unimed, Gruf Komuniti, Defa Dari Unimed.

Hadiah Akan Diperebutkan Fashion Show Jawa wick, Diperlombakan Masyarakat Jawa Sumatera Utara.

Nama Pengurus Direktur Festival Budaya Jawa Deli  Tri Trusatria, Produser Festival Syahrir Utomo, Mukhlis Hasibuan sebahu pelaksana, Evening Hard, warga masyarakat sekitar sini, Mahasiswa UNIMED.

Direktur Festival Budaya Jawa Deli Tri Trusatria Berharap Kedepanya kita tidak sampai sini saja ,kita akan lahirkan konsep baru,kemudian hari ini kita buat festival budaya seri kedua di lapangan terbuka di Istiqomah dan kita gebrakan akan besar lagi cakupan luas contohnya deliserdang, Sedang berdagai, lokus kota Medan. Rencananya kita adakan Serdang Bedagai sangar sinar budoyo, di Perbaungan Pendepokan Seni boduyo" Harapnya Tri Trusatria.(ceria)


Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.