Pemkot Tanjungbalai Berikan Santunan Kepada Anak Yatim



T.BALAI (SHR).
Peduli terhadap keberlangsungan hidup anak yatim Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bulan lalu telah mendeklarasikan Program Pemerintah Kota Tanjungbalai Peduli Anak Yatim (PENTATIM). menindaklanjuti hal tersebut, hari ini Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH didampingi para OPD, Camat, Lurah, dan Kepala Lingkungan serta dihadiri Ketua MUI Tanjungbalai H. Syahron Sirait memberikan langsung santunan anak yatim di dua Kecamatan yakni Kecamatan Datuk Bandar dan Kecamatan Datuk Bandar Timur.

"Hari ini Pemkot Tanjungbalai menyalurkan santunan kepada anak yatim, untuk hari pertama penyaluran santunan dilakukan di Kecamatan Datuk Bandar yang lokasinya di SMPN 5, Jalan Pendidikan, Kelurahan Pahang pagi hari dan kedua pada sore hari di Kecamatan Datuk Bandar Timur tepatnya di Masjid Jamilisabil, Jalan MT. Haryono, Kelurahan Selat Lancang".

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial mengatakan, anak yatim/piatu merupakan tanggung jawab kita semua. Hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Deklarasi yang kita laksanakan pada 20 Januari lalu. Saat ini, saya bersama seluruh OPD dan ASN yang saat ini menjabat di OPD masing masing, mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Bagian, Dinas, Badan dan Inspektorat turun langsung bertemu dan menyerahkan santunan kepada anak yatim yang menjadi anak asuh, ujar Wali Kota

“Anak yatim/piatu di Kota Tanjungbalai yang masih dalam masa pertumbuhan itu semua merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai untuk mengangkatnya menjadi anak asuh untuk membantu dan menjamin kelangsungan kehidupan mereka,” katanya.

Untuk itu, Wali Kota mengimbau kepada seluruh pejabat untuk ikut ambil alih mengangkat meraka menjadi anak asuh dan membantu kelangsungan hidup mereka dalam bentuk pemberian santunan, Insyaallah santunan yang diberikan bisa digunakan untuk keperluan pendidikan anak anakku sekalian.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dilingkup Pemkot Tanjungbalai yang telah ikut mensukseskan program ini. Nantinya saya akan berkoordinasi dengan DPRD Tanjungbalai dan Perbankan untuk terus melanjutkan kegiatan ini di Kota Tanjungbalai. Insyaallah, mari kita jadikan kegiatan ini menjadi ladang amal untuk kita bersama, tutur Wali Kota.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat kota Tanjungbalai yang beragama apapun apabila ada anak yatim/piatu untuk segera melaporkan kepada pihak Kepala Lingkungan dimasing masing tempat tinggal, pihak kelurahan, maupun kecamatan ataupun datang langsung ke Bagian Kesejahteraan Sosial setdakot Tanjungbalai di Kantor Wali Kota Tanjungbalai untuk segera memproses pendataan anak tersebut.

“Kalau ada anak anak yatim/piatu yang masih mebutuhkan perhatian tolong disampaikan pihak terkait untuk segera meninjau kondisinya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial juga mengatakan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut setiap bulannya. Nantinya, para ASN yang menjadi orang tua asuh akan mendapatkan alamat dan nama nama anak yatim yang menjadi anak asuhnya dan menyerahkan santunan mereka setiap bulannya, baik secara langsung maupun melalui Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial di Kelurahan masing masing, sesuai dengan alamat anak yatim tersebut, papar Wali Kota

“Pemkot Tanjungbalai telah berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan ditengah masyarakat salah satunya lewat program PENTATIM dengan tujuan 100% anak yatim/piatu mendapat orang tua asuh dan mendapatkan kebahagiaan,” katanya.

Wali Kota H.M Syahrial berharap dengan rasa kepedulian ini akan menumbuhkan rasa saling cinta, saling menyayangi sesama makhluk sosial untuk melakukan kebaikan.Dan beliau berterimakasih untuk semua pihak yang telah turut membantu.

“Kita tidak boleh mengabaikan mereka, jika kita ikut serta dalam program ini dan tidak mengabaikannya maka kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang disayangi Allah,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh, di Kecamatan Datuk Bandar Pemkot Tanjungbalai menyerahkan santunan kepada 299 orang dari 147 pemberi santunan dan di Kecamatan Datuk Bandar Timur sebanyak 179 orang penerima santunan. Kegiatan serupa juga akan dilanjutkan esok hari di Kecamatan Teluk Nibung dan Sei Tualang Raso serta hari ketiga di Kecamatan Tanjungbalai Utara dan Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Sebelumnya Pemkot Tanjungbalai sudah mendata jumlah dan membuat perincian terkait santunan anak yatim yang akan ditanggung oleh orang tua asuh diantarnya untuk Wali Kota sebanyak 11 orang anak, Wakil Wali Kota dan Seketaris Daerah masing masing sebanyak 8 orang, Pejabat Eselon II sebanyak 5 orang , Eselon III sebanyak 3 orang, eselon IV A sebanyak 2 orang dan Eselon IV B satu orang anak yatim

Jumlah keseluruhan anak yatim yang di santuni Pemkot Tanjungbalai sebanyak 1397 Orang, santunan ini akan diberikan kepada anak yatim/piatu tidak terkecuali baik yang beragama Islam maupun agama lainnya, begitu juga dengan pejabat pejabat yang menyantuni. (Arsito).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.