Wali Kota Tanjungbalai Tinjau Proyek WTP VI



T.BALAI (SHR)
Melihat belum optimalnya pelayanan air bersih PDAM di Kota Tanjungbalai kepada masyarakat membuat Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH mengambil langkah cepat meninjau langsung proses pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pantai Olang (Kamis, 10/10/2019). Ha ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi penyelesaian proyek IPA yang dalam waktu dekat akan selesai dikerjakan

Pembangunan IPA tersebut sebelumnya telah dimulai sejak akhir bulan juni yang lalu yang dimulai dengan pemasangan tiang pancang. Diharapkan nanti setelah proyek WTP VI ini beroperasi akan meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjung Balai dengan kapasitas 50 liter/detik SPAM (sistem penyediaan air minum) IKK Datuk Bandar, Tanjung Balai untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Kecamatan Datuk Bandar yang terdiri dari lima kelurahan.

Hal ini menjadi perioritas utama Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai dalam menyelesaikan persoalan Distribusi Air Bersih yang mencukupi dan memadai melalui PDAM Tirta Kualo yang masih belum dapat mencukupi seluruh masyarakat Tanjungbalai.

Wali Kota Tanjung Balai H.M Syahrial mengatakan, selama ini kebutuhan air bersih di Kota Tanjung Balai melalui PDAM Tirta Kualo telah mengoperasikan lima unit WTP dan empat unit sumur bor dengan kapasitas produksi air 372 ltr/dtk dengan capaian layanan kepada masyarakat yakni 67 persen.

"Kita harapkan nantinya setelah selesai pembangunan WTP VI yang saat ini kita lihat pengerjaannya sudah akan rampung diharapkan dapat meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai menjadi 75 persen," sebut Wali Kota.

"Pembangunan ini dilakukan untuk penambahan kapasitas 50 liter perdetik, tentunya hal ini dapat menjawab Kebutuhan air di wilayah Datuk Bandar," ujar Wali Kota lagi

Wali Kota Tanjungbalai juga menegaskan pembangunan penambahan kapasitas distribusi air bersih di Kota Tanjung Balai akan terus diupayakan hingga 100 persen mencakup seluruh wilayah di Kota Tanjungbalai dan pembenahan berkelanjutan dibeberapa WTP yang sudah beroperasi serta kita akan berusaha menyelesaikan persoalan distribusi Air Bersih yang sampai hari ini masih dikeluhkan masyarakat. Saya juga meminta PDAM untuk serius menangani hal ini. Kita berharap secara keseluruhan kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai bisa terpenuhi. Mengingat saat ini penyediaan air bersih di Kota Tanjungbalai yang dilayani oleh PDAM Tirta Kualo dengan Kapasitas Existing 255 ltr/dtk.

Pembangunan WTP VI sendiri untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Datuk Bandar yang memiliki luas 22,49 Km2 dengan penduduk kurang lebih 37.000 jiwa.

Proses pembangunan WTP VI diperkirakan selesai pada November 2019 mendatang. "Output dari pembangunan sarana dan prasarana air minum ini bukan hanya liter per detik, melainkan diwujudkan dengan menambah jumlah sambungan rumah sesuai kapasitas terpasang sehingga akan dapat menyentuh langsung ke masyarakat".

Pembangunan IPA 50 ltr/detik didaerah Pantai Olang, Kota Tanjungbalai didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II pada Balai Prasarana Wilayah Sumut.(Arsito).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.