Pembangunan Jalan dan Jembatan Afulu-Sirombu Di Pastikan Selesai Tahun Ini.


Swarahatirakyat com (Nias Utara) Kabupaten Nias Utara (Nisut) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)tela mengalami 
perkembangan signifikan dalam sektor pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.Pada era kepemimpinan (Amizaro Waruwu dan Yusman Zega) Sebagai Bupati dan wakil Bupati Nias Utara.


Keterlibatan yang kuat dari pemerintah dalam memajukan sektor ini telah menjadi kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.


Dalam beberapa tahun terakhir, serangkaian proyek infrastruktur ambisius telah diluncurkan,kementerian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara,Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah III Provinsi Sumatera Utara.Sehingga menciptakan dampak positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat dan ekonomi nasional.


Pembangunan infrastruktur jalan Nasional dan jembatan yang menghubungkan Nias Utara dan Nias Barat (Afulu-Sirombu (MYC) sesuai dengan hasil pantauan Awak media ini. Rabu,10/07/2024 pembangunan ini masih dalam tahap proses pekerjaan.

Ketika di konfirmasi Fery Hermando selalu kepala Operasi lapangan, menjelaskan bahwa pembangunan ini dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat Melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah III Provinsi Sumatera Utara, yang bersumber dari APBN dengan anggaran Rp.321 milyaran lebih Tahun Anggaran 2023-2024. penyedia jasa:Jaya Kontruksi TPJ KSD.

Selanjutnya kendala yang dihadapi oleh penyedia jasa selama ini adalah awalnya pembukaan badan jalan dan mobilisasi bahan material yang cukup jauh dari lokasi, walaupun demikian kita tetap upayakan untuk menyelesaikan pekerjaan ini pada waktu yang sudah di tentukan akhir tahun 2024 ini "ucap Fery"

Ketika di tanya apa saja aitem kegiatan selain infrastruktur jalan pada pekerjaan ini,Fery mejelaskan bahwa infrastruktur jalan ini ada ± 24 Km,dan ada 6 unit jembatan tapi karena jembatan masih proses maka pekerjaan ini ada dari Sirombu Nias Barat dan ada dari afulu Nias Utara.

Pemerintah Daerah kabupaten Nias Utara saat ini,fokus utama adalah meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas di seluruh wilayah kabupaten Nias Utara yang dapat dilihat dari pesatnya pembangunan infrastruktur jalan.Sebagai contoh, salah satu kinerja pemerintah saat ini adalah pembangunan infrastruktur yang menjadi perhatian publik yakni pembangunan Jalan Kecamatan Alasa - Faekhuna'a kecamatan Afulu Tahun Anggaran 2023 ± 14 Km.Kemudian Proyek infrastruktur  
Ruas Jalan Provinsi dari desa Ombolata Afulu -Faekhuna'a.

Selanjutnya Ruas jalan Dari Lahewa Timur -Alasa, ini sudah selesai tahun 2023.dan ada beberapa lagi proyek-proyek strategis selain yang telah membuka akses ke daerah-daerah terpencil. Kehadiran infrastruktur ini tidak hanya memperlancar mobilitas penduduk, tetapi juga mengurangi biaya logistik, membuka peluang investasi baru, dan memperkuat konektivitas antar wilayah.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu ketika di konfirmasi, menyampaikan kita sebagai pimpinan Daerah menunjukkan bahwa penyelesaian proyek-proyek infrastruktur ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi regional. Akses yang lebih baik ke pusat-pusat ekonomi meningkatkan daya saing daerah, mengundang investasi sektor swasta, dan menciptakan lapangan kerja baru.Pembangunan infrastruktur tidak hanya berdampak pada sektor transportasi, tetapi juga pada sektor-sektor lainnya termasuk memperhatikan Investasi sektor swasta "Jelas Nya"

Amizaro Waruwu menambahkan.Selain memberikan dampak ekonomi, pembangunan infrastruktur di bawah kepemimpinan nya juga, memberikan dampak positif pada aspek sosial dan pembangunan manusia. Pembangunan sekolah, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Akses yang lebih baik terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan telah menciptakan fondasi yang lebih kokoh untuk pembangunan manusia.
 
Dengan demikian, pembangunan infrastruktur di kabupaten Nias Utara di bawah kepemimpinan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dan wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega,bukan hanya sekedar pembangunan fisik, tetapi juga merupakan investasi strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pemantapan infrastruktur menjadi pijakan kuat bagi Nias Utara untuk melangkah ke arah masa depan yang lebih makmur dan berkelanjut.  

Rusman Zalukhu, SE.Kades Faekhuna'a kecamatan Afulu ketika di konfirmasi tentang adanya pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Nias Utara-Nias Barat menyampaikan bahwa kita sangat mendukung dan berterima kasih kepada pemerintah baik pusat, provinsi dan terlebih lebih kepada pemerintah kabupaten Nias Utara yang selalu memperjuangkan kepentingan umum.

Menurutnya beberapa tahun sebelum pemekaran wilayah kabupaten Nias,tidak pernah tersentuh pembangunan di daerah itu.... namun kami juga selalu berdo'a sehingga tahun ini baru terjawab harapan masyarakat itu.(Fzal)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.