Bupati Samosir Tanam Bawang Merah Bersama Kelompok Tani Marsada


SAMOSIR (SHR) - Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST melakukan penanaman Bawang Merah varietas Batu Ijo bersama Kelompok Tani Marsada di Desa Sampur Toba, Kecamatan Harian, pada Jumat (5/7/2024).


Untuk Kecamatan Harian, terdapat 7 ton bantuan bibit Bawang Merah yang didanai dari APBD TA 2024. 

Sepuluh kelompok tani (Poktan) menerima bantuan ini, termasuk Poktan Marsada yang memperoleh 750 kg bibit untuk penanaman hari ini. Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menjelaskan, “Bantuan ini bersifat stimulan dengan harapan ke depan para kelompok tani bisa mandiri.”

Selain itu, bantuan ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Bawang Merah dari Samosir secara bertahap. "Kami juga akan mengembangkan Bawang Merah varietas asli Samosir," tambah Tumiur.

Bupati Vandiko menekankan bahwa bantuan bibit ini adalah wujud komitmen pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat petani. "Saya berharap masyarakat, khususnya petani, berkomitmen mendukung pemerintah dengan menanam dengan sebaik-baiknya sehingga bisa meningkatkan perekonomian," ujarnya.

Bantuan ini juga merupakan bagian dari upaya pemulihan pasca banjir bandang tahun lalu di Kenegerian Sihotang. "Terima kasih kepada bapak/ibu yang sabar menunggu bantuan ini. Pasca banjir bandang, kami melakukan beberapa tahap mulai dari evakuasi, pembersihan, hingga pemulihan. Melalui sinergi, kekurangannya akan kami usulkan ke Kementerian Pertanian, mudah-mudahan terealisasi tahun ini atau paling lambat tahun depan," tambah Bupati Vandiko.

Ketua Poktan Marsada, Jusroin Sihotang, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir. "Bantuan ini sangat bermanfaat, semoga bisa meningkatkan perekonomian kami masyarakat petani," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Harian Hartopo Manik, Kepala Desa Sampur Toba Boleuson Sihotang, pengurus dan anggota Kelompok Tani Marsada, serta para petugas PPL.

Pada hari yang sama, Bupati Vandiko bersama Poktan Baringin di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, juga melakukan penanaman Bawang Merah. Untuk Kecamatan Simanindo, ada 1.750 kg bibit Bawang Merah yang dibagi kepada tiga kelompok tani, termasuk Poktan Baringin yang menerima 750 kg.

(CS/SHR)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.