Bupati Samosir Dukung 20 Persen Dana Desa untuk Ketahanan Pangan


SAMOSIR (SHR) – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mendukung alokasi 20 persen dana desa untuk bantuan ketahanan pangan (Ketapang) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan pada acara penyerahan bantuan di Kantor Kepala Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Jumat (05/07/2024).


Sebanyak 187 keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan berupa bibit jagung, kompos, dan jaring penangkap ikan. Bantuan ini hasil dari musyawarah masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


Bupati Vandiko menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir di bawah kepemimpinannya menerapkan sinergitas anggaran, yaitu kerjasama penganggaran antara dana desa, APBD Kabupaten, provinsi, dan pusat untuk mendanai program pembangunan.


"Bantuan ini bersumber dari dana desa. Pembagian anggaran sesuai instruksi pemerintah dengan penggunaan 20 persen dialokasikan untuk Ketapang. Harus dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan dijual-belikan, guna peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Vandiko.

Vandiko menambahkan bahwa Pemkab Samosir juga memberikan pendampingan melalui petugas penyuluh pertanian untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian. "Saya harap masyarakat juga komit membantu pemerintah. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk kesejahteraan bersama," ujarnya.

Penjabat Kepala Desa Simanindo, Dermawan Sinaga, menyampaikan bahwa bantuan ketahanan pangan ini adalah bagian dari program nasional yang berkaitan dengan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem. Dermawan mengajak seluruh stakeholder untuk mengawasi agar bantuan tidak disalahgunakan. "Saya berharap bantuan dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, demi tercapainya visi Kabupaten Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan," imbuh Dermawan.

Aljoni Sihaloho, salah satu penerima manfaat, mengakui bahwa bantuan ini sangat membantu masyarakat. Ia berharap program ini dapat dilanjutkan tahun depan. "Pemerintah yang sayang dan dekat dengan masyarakatnya, salah satunya ada pada Bapak Bupati ini karena sudah dua kali datang. Mudah-mudahan ke depan bapak datang lagi ke desa kita untuk membawa pembangunan," ungkap Aljoni.

Ketua BPD Simanindo, Sabarman Turnip, juga menyatakan kebanggaannya atas kehadiran Bupati Samosir untuk kedua kalinya di desa tersebut. "Kita masyarakat Desa Simanindo bangga dengan kehadiran Bupati Samosir. Bantuan ini jangan disia-siakan, gunakan dengan baik," ucapnya.

(CS/SHR)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.