Terus Konsisten, LPKA Palu Ajak Binaan Kembangkan Keterampilan Budi Daya Ikan Air Tawar


Palu -,(SHR) Pembinaan kemandirian merupakan kegiatan serius yang terus ditekuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dalam menyediakan wadah pelatihan dan pendidikan bagi anak binaan. Dengan terus berkomitmen dan konsisten, LPKA Palu ajak anak binaan kembangkan keterampilan pada budidaya ikan air tawar, Kamis (16/5/24) pagi.

Dengan kolam yang tersedia, anak binaan telah membudidayakan beberapa jenis ikan air tawar diantaranya ikan nila dan ikan lele. Pemilihan jenis ikan ini dilakukan berdasarkan ketahanannya untuk dapat bertahan hidup dan berkembang dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. 

Lokasi budidaya ikan ini berada area branggang. Meninjau langsung bersama staf dan anak binaan, Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimkemas, Henny mengatakan bahwa banyak tantangan yang dilalui untuk budidaya ikan air tawar, olehnya itu dengan semangat dan ilmu yang telah diajari semoga anak binaan dapat tekun dan konsisten sampai saat panen nanti.

"Budidaya ikan yang kita lakukan memang tidak semudah budidaya sayur-sayuran. Namun hal tersebut tidak sedikit pun menurunkan semangat kita untuk terus mencoba belajar,” tutur Henny.

Lebih lanjut, Henny juga menambahkan bahwa untuk setiap harinya anak binaan secara rutin memberikan pakan untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi ikan-ikan yang ada. Sehingga mampu mendorong percepatan pertumbuhan ikan menuju masa panen.

“Hari ini selain memberikan pakan, kami juga melakukan pengurukan pertumbuhan pada ikan, serta melakukan penyortiran untuk membedakan ukuran ikan-ikan tersebut,” tambahnya.

Mengapresiasi kinerja jajarannya, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, mengatakan “kami juga selama ini terus membuka diri belajar dari pihak eksternal yang memiliki keahlian dibidang perikanan, salah satunya yaitu Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah yang selalu giat memberikan bimbingan dan penyuluhan untuk anak-anak tentang teknik dan cara budidaya ikan yang benar. Harapan kami kedepan budidaya ikan air tawar ini dapat berhasil hingga tahap penen,” pungkas Revanda.(Ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.