LPKA Palu Berikan Penguatan Ideologi Pancasila Kepada Anak Binaan,


Palu –,(SHR) Semarak perayaan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah memberikan penguatan Ideologi Negara kepada anak binaan di Ruang Belajar, Selasa, (28/05/2024). Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter budi pekerti luhur dari generasi ke generasi.

Dalam kesempatan tersebut, kelas dibawakan oleh Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus Kade, Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimkemas, Henny bersama empat orang stafnya serta diikuti oleh 13 orang anak binaan.

Dalam sambutannya, Ida Bagus menyampaikan bahwa kelas ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara dan penguatan wawasan kebangsaan dalam menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

“Sebagai petugas Pemasyarakatan kita harus bisa mendidikan para anak binaan terkait wawasan kebangsaan dan Pancasila. Ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” Kata Ida Bagus.

Kelas diawali dengan Pre Test kepada seluruh anak binaan tentang butir-butir Pancasila dan lambang-lambang yang ada pada burung Garuda.

“Walaupun sedang menjalani masa hukumannya, tidak menyurutkan semangat para anak binaan untuk terus belajar. Ternyata mereka masih sangat hafal isi setiap butir Pancasila dan mampu menyebutkan lambang-lambangnya. Ini harus terus diajarkan kepada anak-anak kita agar tetap cinta pada bangsa ini,” ujar Ida Bagus.

Salah seorang anak binaan berinisal AJ mengaku senang atas kelas yang dihadirkan oleh LPKA Palu. “Kami diajarkan setiap butir Pancasila dan contoh-contoh penerapannya, rasa kebersamaan sangat terasa. Petugas LPKA Palu sangat ramah dan sabar dalam mendidik kami. Sungguh pengelaman luar biasa,” ucap bangga AJ kepada media.

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dirinya menyampaikan bahwa Pancasila mempersatukan seluruh NKRI.

“Kita disatukan oleh Pancasila, mulai dari agama dan persatuan hingga keadilan sosial. Sila pertama telah mengajarkan kita untuk terus berpegang teguh terhadap agama yang kita percayai, dan menjadi dasar dalam kehidupan,” ungkap Revanda.

Ia juga mengapresiasi kepada jajarannya dalam memberikan pembinaan yang bermutu kepada seluruh anak binaan, “Terima kasih karena terus memberikan pembinaan yang luar biasa kepada para anak binaan. Pancasila ini sangat penting untuk terus ditanamkan dalam lubuk sanubari sebagai pemersatu bangsa yang bhineka, kuat dan abadi,” puji Revanda.

Di tempat berbeda, kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar guna menciptakan Generasi yang berkarakter dan berahlak mulia serta cinta tanah air.

Kakanwil Hermansyah juga menerangkan bahwa hal ini merupakan salah satu langkah strategis dalam menangkal paham Radikalisme pada Rutan/Lapas/LPKA.

“LPKA Palu menjadi contoh baik dalam memberikan pembinaan kepada para anak binaan. Tentu kami akan dukung penuh dalam pelaksanaannya,” tegas Kakanwil Hermansyah.

Diketahui hal ini merupakan rangkaian kegiatan LPKA Palu dalam menyambut Hari Lahir Pancasila, ada banyak kegiatan lainnya yang akan digelar seperti lomba cerdas cermat dan nonton bareng. Diharakan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan para generasi muda yang cinta tanah air.(Ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.