Faoli Waruwu Anggota DPRD Nias Utara Gelar Reses Sidang I Tahun 2024


Swarahatirakyat.com (Afulu) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Utara Sumatera Utara Dapil IV Kecamatan Lahewa -Afulu, dari Partai Golkar,An.Faoli Waruwu mulai melaksanakan kegiatan reses masa sidang I tahun 2024 yang di laksanakan di kediaman beliau Desa Lauru satu Kecamatan Afulu Minggu 28-04-2024.

Perlu kita ketahui bahwa Reses tersebut akan dilaksanakan oleh pimpinan maupun anggota DPRD untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.


Reses merupakan salah satu agenda anggota DPRD untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya. Dimana anggota DPRD melakukan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituennya melalui kunjungan kerja secara berkala.


Pada acara tersebut ada beberapa Kata-kata sambutan Yang mewakili Masyarakat Afulu yang pertama yang mewakili forkopimca Oleh Kapolpos Andrea Zalukhu,Camat Afulu, Airdingin Waruwu mewakili para kepala Desa,Noitolo Lakry Waruwu sebagai Anggota DPRD terpilih pada pileg 2024.Mereka menyampaikan bahwa Kegiatan Reses yang di laksanakan oleh anggota DPRD di daerah pemilihannya. 

Hal ini kami sangat mendukung dan mengapresiasi karena masyarakat dapat bertatap muka langsung dan juga dapat menyampaikan usul - usul untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui infrastruktur pembangunan jalan, pendidikan,kesehatan, pertanian dan para nelayan"Ucap mereka"

Faoli Waruwu anggota DPRD Nias Utara yang melaksanakan reses menjelaskan, bahwa Kegiatan reses yang dilakukan pimpinan dan anggota DPRD di setiap daerah pemilihannya bertujuan untuk menyerap aspirasi, termasuk keluhan masyarakat. Reses itu momentum masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, kebutuhan hingga permasalahan-permasalahan dapat tersampaikan dan tampung pada program kegiatan kerja pemerintah daerah.

Dalam kegiatan reses menurut Faoli Waruwu,selain menerima aspirasi hingga keluhan masyarakat.Pimpinan dan anggota DPRD yang melakukan reses pun menyampaikan laporan apa yang sudah dikerjakan (kinerja DPRD) yang sudah di laksanakan dan program-program pemerintah untuk tahun 2024 di wilayah kecamatan Afulu.

"Dalam reses pun para pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Nias Utara akan memantau dan mengevaluasi realisasi pembangunan pemerintah di Dapil masing-masing.Reses tidak hanya menyerap aspirasi, keluhan masyarakat.Tapi, evaluasi, pemantauan pembangunan pemerintah di Dapilnya. Reses juga bertujuan membangun kepercayaan kontituen di Dapil,” imbuhnya.

Tiba pada Ruang diskusi,ada beberapa hal yang di sampaikan oleh masyarakat di antaranya usul pembangunan jalan, pertanian dan kelompok Nelayan yang harus di perhatikan oleh pemerintah Daerah kabupaten Nias Utara demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat "harap masyarakat Afulu"

Faoli Waruwu menampung semua apa yang telah di sampaikan oleh masyarakat akan tetapi beliau menjelaskan bahwa kami sebagai anggota DPRD itu hanya sebatas menampung dan menyampaikan usulan dari masyarakat,kami bukan pemutus atau penetapan lokasi pembangunan itu karena yang berkewenangan untuk itu adalah pemerintah daerah di sesuaikan dengan anggaran yang ada setiap tahunnya.

Cuman kami hanya sebatas menyetujui setiap program pemerintah melalui rapat paripurna di lembaga DPRD kabupaten Nias Utara.Termasuk kegiatan reses ini hari ini kami harus mempertangunggjawabkan dari sisi administrasinya,” ungkapnya. 

Secara teknis, Sekretariat DPRD kabupaten Nias Utara pun menyiapkan surat pemberitahuan kepada pemerintah kabupaten Nias Utara. Bahwa setelah kegiatan reses harus segera dilaporkan paling lambat 14 hari atau 1 bulan. Secara administrasi memang harus dipertanggungjawabkan Laporan harus tepat waktu agar tertib administrasi,” ujarnya.

Pada acara Acara Reses tersebut di hadiri tokoh masyarakat, Agama,pendidikan dan masyarakat dan undangan lainnya lainnya hingga dari awal,acara pertengahan sampai selesai berjalan dengan lancar dan sukses.(Fzal)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.