Polres Sergai Me-respon Laksanakan Diversi seorang anak diamankan warga dan hasil sidang diversi permohonan

 



Sergai,(SHR)Polres Sergai me-respon Laksanakan Diversi seorang anak diamankan warga dan hasil sidang diversi permohonan.

Terkait seorang anak yang hendak dimassakan warga saat hendak mencuri ayam kemudian diamankan ke Polres Sergai, kejadian tanggal 24 Juli 2023 pukul 22.00 Wib di Dan IV Desa Pekan Silang Buah Kec. Teluk mengkudu Kab Sergai. 

Maka atas atensi kepedulian Kapolres Sergai AKBP OXY YUDHA PRATESTA SIK melalui Kasat Reskrim AKP MADE YOGA MAHENDRA SIK didampingi Kanit PPA IPDA BRIMEN, SH, MH beserta anggota.

Kemudian dilakukan proses hukum dan sebagimana diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

wajib diupayakan diversi, yakni pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Sesuai dengan hasil kordinasi dengan BAPAS & Dinas UPTD PPA maka pada hari Jumat tanggal 11 Agustus 2023. Telah dilakukan Diversi dengan hasil kesepakatan diversi dan disampaikan ke pengadilan negeri untuk memperoleh penetapan yaitu : perdamaian dengan tanpa ganti kerugian; penyerahan kembali kepada orang tua.

Proses diversi dilakukan melalui musyawarah dengan melibatkan anak dan orang tua, korban, pembimbing kemasyarakatan, dan pekerja sosial profesional berdasarkan pendekatan keadilan restoratif.

Bapak AMRIZAL selaku Pelapor & korban mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Sergai dan jajarannya atas respon kepedulian penanganan laporan nya juga terhadap penanganan khusus terhadap anak sebagai pelakunya dan menerima permintaan maaf dan menasehati anak tersebut.

Selaku orangtua JUWANDA SARAGIH mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Sergai dan jajarannya serta pihak Bapas dan Dinas PPA atas kepedulian penanganan perlakuan khusus terhadap anaknya yang masih dibawah umur dan Bersyukur permohonan maaf kami diterima korban serta hasilnya diputuskan dalam sidang dikembalikan kepada keluarga sehingga anak kami bisa dapat kami bina dan tidak dipenjara untuk kebaikan masa depan anak.

Tampak Hadir dalam kegiatan Diversi: Kanit PPA ( IPDA BRIMEN, SH, MH),UPTD PPA ( IRWAN), BAPAS (YUYUN) , Kadus V Desa Pekan Sialang Buah (ARIATAN),Terlapor (JUWANDA SARAGIH),Pelapor (AMRIZAL),Penyidik Pembantu Unit PPA.(ceria)


Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.