Kapolres Simalungun Melaksanakan Kegiatan Coffee Morning Bersama Forkopimda



 Simalungun,(SHR)Dalam rangka membudayakan Sistem Kerja Yang Terintegrasi guna menghadapi tantangan kerja Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menggelar kegiatan Coffee Morning bersama yang dilaksanakan di Aula Andar Siahaan Mako Polres Simalungun Jl. Jon Horailam Saragih Pematang Raya Kabupaten Simalungun, Selasa(16/5/2023) sekira Pkl.09.00.

AKBP Ronald F.C. Sipayung S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa kegiatan Coffee Morning bersama Forkopimda ini dalam rangka membudayakan Sistem Kerja Yang Terintegrasi, “Kegiatan Coffee Morning ini bertujuan untuk Penguatan Sinergitas Unsur Pemerintah Daerah dengan membudayakan Sistem Kerja Yang Terintegrasi dalam menghadapi tantangan kerja kedepannya.

Dengan Coffe Morning Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) Kabupaten Simalungun ini seluruh Pimpinan yang ada di Pemerintahan Kabupaten Simalungun seperti Bupati, Ketua DPRD serta TNI-Polri dan Pengadilan, Kejaksaan dapat mengetahui apa yany menjadi permasalahan untuk dapat diselesaiakan secara bersama-sama, “ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dalam sambutannya antara lain menyampaikan, sesuai dengan surat edaran menteri dalam negeri menghimbau kepada Forkopimda untuk bisa membetuk tim penanganan konflik.

“Karena memang kitalah yang menjadi wajah-wajah negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,”kata Kapolres.

Sementara itu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan masalah yang saat ini menjadi perhatian yaitu permasalahan konflik tanah yang sudah lama terjadi dan sangat sensitif serta perlu penanganan khusus.

Disampaikan Bupati, permasalahan tanah terjadi tidak hanya antara perusahaan baik negara maupun swasta, namun masalah konflik tanah juga sering terjadi antar keluarga sehingga diperlukan penanganan khusus.

“Dari sudut mana kita memandangnya sehingga kita bisa mengurai, darimana kita masuk untuk menyelesaikan konflik tanah ini,”kata Bupati.

Menurut Bupati, untuk menangani permalasahan konflik tanah harus di bentuk sebuah tim. “Kita dari Forkopimda akan membentuk sebuah Wadah yang khusus menangani masalah konflik tanah,”kata Bupati.

Disamping itu dibutuhkan juga lintas pemerintah dan Forkopimda untuk membentuk sebuah sikap dalam menyelesaikan konflik tanah, apalagi di Kabupaten Simalungun masalah konflik tanah memiliki keunikan.

Seperti masalah konflik tanah Sihaporas, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun telah berulang kali turun ke lokasi dan bertemu dengan pihak yang bersengketa untuk mencari penyelesaian.

“Karena memang secara administrasi, hukum, dibutuhkan juga mediasi kekeluargaan, untuk menyelesaikan konflik tanah di Simalungun,”ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada instansi terkait untuk mendata aset-aset dari pemerintah kabupaten Simalungun, dan kepada para camat diminta untuk melakukan pemetaan terhadap tanah di wilayah masing-masing secara detail.

“Saya kira para camat selaku perpanjangan tangan pemerintah di kecamatan mengetahui secara detail dan kondisi kecamatan masing-masing khususnya permasalahan tanah ini. Harus jemput bola dan segera ditindaklanjuti,”kata Bupati.

Sisi Lain, terkait situasi cuaca yang saat ini sangat ekstrim, Bupati meminta kepada Para camat untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat mensosialisasikan masalah bahaya kebakaran, terutama masyarakat yang berada di pesisir Danau Toba.

“Saya minta juga kepada para camat yang berada di kawasan Danau Toba, untuk memetakan kerambah jaring apung (KJA). Jangan yang sudah kita pangkas bertambah lagi. Petakan semua,”pinta Bupati.

‘Kita juga sedang melakukan kajian-kajian dan mencari dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat untuk solusi alih profesi bagi petani ikan KJA,”sambung Bupati.

Sebelumnya, Kepala Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan (ATR/BPN) Simalungun Moren Naibaho memaparkan kondisi pertanahan di Simalungun, Kadis Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Frans N Saragih memaparkan tentang aset milik Pemkab Simalungun.

Kemudian Camat Girsang Sipangan Bolon, Camat Dolok Pardamean, dan Camat Sidamanik serta Camat Pamatang Sidamanik juga memaparkan permasalahan tanah di wilayah masing-masing.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga S.H., M.H., bersama Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C. Sipayung S.H., S.I.K., M.H., Ketua DPRD Kab. Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., Sekda Kab.Simalungun Drs Esron Sinaga Msi ., Asisten 1 Kab.Simalungun Albert Saragih, Asisten 2 Kab. Simalungun Ramadani Purba, Kajari Kab.Simalungun Irfan herpianto SH.MH, Kepala Badan Kesbangpol Arifin Nainggolan SH, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Simalungun, Staf ahli Kab. Simalungun, Sekretaris pariwisata jahara Girsang, Kepala Dinas Perindustrian wastin Sinaga, Sekretaris Capil BA Saragih, Sekretaris Badan Kesbangpol Naini Siagian S.sos, Kepala Bidang Konflik Linda Wati Br Purba, Staf jajaran Kesbangpol Kab. Simalungun, Para pimpinan OPD Kab.Simalungun, Seluruh Camat Kab.Simalungun.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.