Kapolres Serdang Berdagai Memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi



Sergai,(SHR) Kapolres Serdang Bedagai *AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK,memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi Kab.Serdang Bedagai, Selasa 28 Maret 2023, Pukul 10.30 wib s/d selesai, Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai.

Adapun Rangkaian kegiatan, Kata sambutan dari Kapolres Serdang Bedagai, yaitu Ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta rapat dalam giat rapat koordinasi,Inflasi di Sumut 5% dan permasalahan inflasi ini harus kita sikapi bersama,Penanggulangan inflasi bukan tugas pokok Polri namun jika inflasi tinggi dapat menimbulkan  gangguan keamanan dan penanganan keamanan adalah tugas Polri, Kita membutuhkan data dari BPS Kab.Sergai berapa angka kita yg sebenarnya dan bahan2 apa yg menyebabkan inflasi di Kab.Sergai secara akurat,Kepada pihak Disperindag agar menyampaikan jalur distribusi sembako, hambatan dan manakala ada penimbunan sehingga dapat ditindaklanjuti, Agar dapat dijadwalkan kegiatan Operasi pasar, Agar penyumbatan2 dan hambatan yg menyebabkan inflasi dpt diselesaikan,Jangan sampai ada bank kita yg bangkrut akibat ketakutan warga terkait krisis moneter sehingga menarik seluruh uang nya dari bank.

Bagaimana kita di Kab.Sergai, bisa tahan thd gejolak ekonomi dan ekonomi bertumbuh dgn baik.

Agar kita budayakan cinta Sergai dgn membelanjakan penghasilan yg diperoleh di Sergai. 

Polri berusaha menjadi katalis supaya perbaikan ekonomi menjadi lebih bagus.

Kata sambutan dan arahan Asisten Ekbangsos Pemkab Sergai yaitu : Ucapan puji syukur atas kehadiran dalam rapat koordinasi yg diinisiasi Kapolres Sergai,Inflasi sangat penting karena berkaitan dgn ketahanan pangan dan keamanan serta menghindari angka kriminalitas,Inflasi harus dijaga keseimbangan nya, harus dikendalikan sehingga seimbang,Target inflasi dari pusat yaitu 3%+-1.

Inflasi tergantung 4 hal yaitu :

- Ketersediaan barang

- Keterjangkauan harga

- Kelancaran distribusi

- Komunikasi yg baik

Jangan sampai menimbulkan kepanikan yg berlebih kpd masyarakat (panic buying).

Dalam rangka pengendalian Inflasi di Kab.Sergai telah dilaksanakan beberapa langkah yaitu :

Kerjasama dengan unsur Forkopinda dalam hal survei pasar.

Bekerjasama dengan Baznas dengan melaksanakan giat pasar murah, Melaksanakan giat bazar, Pelaksanaan safari Ramadhan dgn giat pasar murah di 17 kecamatan utk bantu warga mendapat sembako. 

Sesuai inisiatif Bupati diwajibkan PNS utk belanja di pasar Sergai dan para OPD membeli beras organik produksi Sergai, Pelaksanaan pemotongan lembu dan dijual dengan harga lebih murah dari pasaran yaitu Rp.120.000,- /kg.

Ucapan terima kasih kpd Kapolres dan jajaran karena turut membantu dlm hal pengendalian Inflasi di Kab.Sergai

Kata sambutan dari Kepala BPS Kab.Sergai, yaitu : Tupoksi BPS adalah melakukan pendataan terhadap apa yg telah dikerjakan,Sebagai indikator terkait yg telah dilaksanakan Inflasi adalah mslh kita bersama BPS akan tetap bekerjasama dgn Pemkab Sergai Agar kita belanja seperlu nya saja, jangan menimbun.

Target inflasi dari pemerintah pusat yaitu 3%+-1, Agar Disperindag mendata harga di pasar.

Tanggapan dari Sekretaris Disperindag Kab.Sergai, yaitu : Tugas yaitu menyediakan sarana distribusi perdagangan/ pasar, Memantau harga komoditas sembako di pasaran.

Pada Saat ini rantai /jalur distribusi beras yg cukup panjang sehingga harga menjadi naik, Hingga saat ini Kab.Sergai tdk memiliki pasar induk.

Untuk ketersediaan barang masih aman namun harga ada kenaikan namun relatif stabil

Penutup dari Kapolres Serdang Bedagai, yaitu : Akan kita cari solusi dlm hal mempersingkat rantai distribusi beras,Agar Pemkab Sergai dapat membangun pasar induk sehingga petani dapat memasarkan langsung hasil produksinya,Agar Pemkab Serdang Bedagai dapat membangun alun2 sebagai tempat hiburan anak2 muda/ remaja sehingga dapat menekan angka kriminalitas, narkoba, cabul thd anak yang tinggi di Kab.Serdang  Bedagai,Polri akan berusaha menjadi katalis supaya perbaikan ekonomi menjadi lebih bagus,Ucapan terima kasih dan mhn kerjasama dari semua pihak.

Hadir dalam giat Kapolres Serdang Bedagai, *AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK,Bupati Serdang Bedagai diwakili oleh Asisten Ekbangsos, *Drs.Nasrul Aziz Siregar,Kepala BPS Kab.Serdang Bedagai, *Herman, SE, M.Si,Kasat Reskrim Polres Sergai, *AKP Made Yoga Mahendra, SIK,Sekretaris Disperindag Kab.Sergai, *Hadi Sumantri,Sekretaris Disnakerkop UKM Kab.Sergai, *Wein Arfandy,Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Sergai, *Batara R. Harahap,Kabid Dinas Ketahanan Pangan, *M. Joni,Kabid Trantibun Satpol PP, *Prayogi Eko Prasetio,Budi Irawan, SP*, Kasi di Dinas Sosial Kab.Sergai,Yudi Irawan*, Kasie di Disperindag Kab.Sergai,M. Rizal*, Kasi di Dinas Ketahanan Pangan Kab.Sergai, KBO Sat Reskrim, *Iptu E. Sidauruk, SE, MM,Kanit Ekonomi Sat Reskrim, *Ipda Qory O. Siregar, SH,Kanit Tipikor Sat Reskrim, *Ipda Cardio S. Butar - butar, SH, MH.

Selama pelaksanaan giat situasi dalam keadaan aman kondusif.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.