Amizaro Waruwu Sampaikan Potensi Nias Utara Melalui Pro 3 RRI.




Nias Utara,(SHR) Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menyampaikan melalui Pro 3RRI dirinya berkomitmen untuk meningkatkan pariwisata di daerahnya. Menurutnya, Nias Utara mempunyai potensi alam yang indah yang tidak dimiliki daerah lain.

"Tentunya potensi Nias Utara ini sangat luar biasa destinasi wisatanya. Di Nias Utara ini ada Laut Mati terletak di Kecamatan Lahewa, bisa orang terapung di sana," kata Amizaro dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Sabtu (25/3/2023).

Meski demikian, menurutnya,  potensi wisata Nias Utara ini belum digarap maksimal karena keterbatasan anggaran. Ia mengatakan, dirinya berharap ada dukungan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara.

"Dari tahun ke tahun kita tidak menangani secara maksimal karena keterbasan anggaran, harapan kita sinergi yang harus dilakukan oleh  Pemerintah Pusat dan provinsi," kata Amizaro.

Menurutnya, dukungan itu diperlukan karena Nias Utara masuk sebagai daerah tertinggal. Amizaro mengatakan, berdasarkan Keppres Nomor 63 Tahun 2022, Nias Utara masuk dalam 62  daerah tertinggal di seluruh Indonesia.

"Di Sumatra Utara itu ada empat dan semuanya berada di Kepulauan Nias. Tentunya ini sebuah cerminan bahwa ketertinggalan di Nias cukup besar," ucapnya. 

Amizaro mengatakan, dirinya berharap ada keseriusan program dari Pemerintah Pusat untuk mengintervensi guna menggali sumber daya alam wisata di Nias Utara. Menurutnya, lokasi wisata di Nias Utara ini indah dan tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

"Saya boleh bersaksi bahwa potensi alam yang ada di Nias Utara ini tidak kalah dengan lokasi-lokasi wisata lain yang ada di Indonesia jika digali dengan benar," ujarnya.

Amizaro juga mengatakan, dirinya meminta perbaikan jalur transportasi udara. Menurutnya, selama ini jika ingin ke Nias maka harus ke Medan Sumatra Utara terlebih dahulu.

"Sebaiknya Pemerintan Pusat terpanggil untuk mengadakan pesawat dari Jakarta langsung ke Nias, ini jauh lebih bagus untuk wisata," ujarnya.

Lebih lanjut,  Amizaro mengatakan, masalah kekurangan yang dialami  Nias Utara ini telah dibicarakan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.  Amizaro pun berharap ada intervensi pemerintah yang tersinergi dan terintegrasi untuk pembangunan wisata di Nias Utara.

"Kita langsung ketemu dengan beliau (Menteri Sandiaga Uno-red) dan beliau memberikan harapan di 2024, kita berdoa itu sebuah kenyataan yang terjadi di 2024," ucapnya.


Kegiatan ini didampingi oleh kadis Kominfo Nias Utara Raradodo wawuwu beserta staf Kominfo kabupaten Nias Utara.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.