Polres Sergai Rapat Koordinasi Eksternal Dalam Pengamanan Perayaan Nataru

 




SERGAI,(SHR) Polres Sergai Rapat koordinasi eksternal dalam rangka pengamanan perayaan Nataru di Polres Serdang Bedagai,Rabu14 Desember 2022,Pukul : 10.00 wib s/d selesai, Aula TMC Polres Serdang Bedagai. 

Adapun Rangkaian kegiatan Pembukaan oleh protokol.

Kata sambutan/ pembukaan oleh Kapolres Serdang Bedagai diwakili oleh Wakapolres, antara lain :Ucapan puji syukur kpd TYME krn msh diberikan kesehatan berkumpul dlm rangka rakor eksternal dalam rangka pengamanan perayaan Nataru di Polres Serdang Bedagai.

 Polres Serdang Bedagai akan menyiapkan 4 (Empat) Pos Pam di Kec.Perbaungan, Pantai Cermin, Sei Rampah dan Dolok Masihul serta 2 (Dua) Pos Yan yaitu di rest area A dan B.

Anggaran dalam pelaksanaan giat yg tertampung hanya 50 (Lima puluh) personil sementara personil yg dilibatkan dari seluruh instansi sebanyak 456 (Empat ratus lima puluh enam) jadi kami harapkan partisipasi dan kerjasama dari pihak Pemkab Serdang Bedagai.

Diharapkan semua pos pam dan pos yan agar diisi/ melibatkan personil dari masing2 instansi terkait yang dilibatkan.. 

Sambutan dari Asisten I Pemkab Serdang Bedagai, *Hj. Nina Delima Hutabarat, S.Sos, M.Si*, antara lain :

Giat bukan hal yg asing dan rutin namun kita tetap harus serius dan waspada pada saat pelaksanaan nya,Terkait kekurangan dukungan anggaran akan dicarikan solusi dan dilaporkan kpd pimpinan.

Selain personil sebanyak 456 (Empat ratus lima puluh enam) org yg dilibatkan, Pemkab Serdang Bedagai telah menyampaikan kpd pihak Kesbang Pol, Kecamaatan, dan Desa utk turut membantu dlm pengamanan giat supaya situasi Kab.Sergai aman kondusif dan tdk viral dlm hal yabg tidak baik.

Pemkab Serdang Bedagai mendukung giat dan semoga aman lancar, agar masing2 OPD maksimal dlm mendukung pelaksanaan giat.

Sambutan dari Dandim 0204/DS diwakili oleh Danramil Sei Rampah, *Kapten Inf.Sucipto*, antara lain :Ucapan mhn maaf atas ketidakhadiran Dandim krn ada urusan dinas,

Kodim 0204/DS mendukung penuh giat PAM Nataru dan akan melibatkan Babinsa baik dalam giat PAM Gereja maupun di Pos Pam/ Pos Yan.

Agar kita sama2 saling mendukung, mhn agar pihak Pemkab Serdang Bedagai menyampaikan kpd masing2 Kades utk melaporkan jika org baru yg dtg sehingga kita dapat memonitor situasi.

Paparan tentang ren pam oleh Kabag Ops, *KOMPOL L. S. Siregar, SH*, antara lain :

Kegiatan pengamanan Nataru merupakan ops kepolisian terpusat dlm bentuk terbuka dan tertutup dgn sandi "Ops Lilin Toba" yg berlgsg selama 11 hari (23 Des 2022 sd 02 Jan 2023) yg didahului dgn giat KRYD.

Polres Sergai menyiapkan 4 (Empat) Pos Pam di Kec.Perbaungan, Pantai Cermin, Sei Rampah dan Dolok Masihul serta 2 (Dua) Pos Yan yaitu di rest area A dan B.

Saran/ arahan dari Wakapolres, *KOMPOL Sofyan, SH*, yaitu :Agar dapat ditambah unit mobil derek dan ditempatkan di lokasi yg strategis,Agar dapat menempatkan mobil ambulans di pos prioritas,Agar pihak PLN tidak melakukan pemadaman listrik di Pos Pam maupun Pos Yan selama pelaksanaan PAM Nataru, Terkait perlintasan KA yg tdk memiliki pintu palang, agar kadishub menyurati Baltek (Balai Teknik) utk dapat membantu mengamankan perlintasan KA tersebut.

Saran/ masukan dari Kadishub, *GJW. Hasibuan, S.STP*, antara lain : Anggaran terkait giat tdk pernah ditampung dlm anggaran Dishub namun akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendapatan sehingga dapat membantu anggaran kegiatan ini.

 Dishub Kab.Sergai memiliki mobil derek 1 (Satu) unit namun wilayah kerjanya di wilkum Polres Sergai dan Tebing Tinggi sehingga saran kami agar mobil derek tsb sifatnya mobile dan stan by nya bergantian setiap hari di wilkum Polres Sergai dan Tebing Tinggi.

Perlintasan Ka adalah tanggung jawab Baltek, namun saran kami mhn utk memberdayakan pers Pramuka yg akan didampingi pers Dishub di perlintasan prioritas. 

Dishub Kab.Sergai ttp mendukung penuh giat Pam Nataru sehingga aman kondusif.

Saran / masukan dari Kadispora Parbud Kab.Sergai, *Drs. Zulfikar*, antara lain :Destinasi wisata di Kab.Sergai ada 20 (Dua puluh) lokasi dan  setiap lokasi akan ditempatkan sebanyak 2 (Dua) personil,Di lokasi wisata akan diapsang barcode "peduli lindungi" utk pengawasan covid.

Agar lokasi pos pam ditempatkan di lokasi yg strategis dan arus lalu lintas di Kec.Pantai Cermin dibuat 1 (Satu) arah pada saat Nataru,

Siap untuk menurunkan personil yg diminta yg akan ditempatkan di tempat wisata,Saran/ masukan dari Kasat Pol PP Kab.Sergai, *M.Wahyudi, S.STP*, antara lain :Siap mendukung pelaksanaan giat Pam Nataru,Kami memiliki mobil damkar sebanyak 6 (Enam) unit yg ditempatkan di 3 (Tiga) pos, jadi kami minta agar mobil damkar ttp stan by di pos masing2 utk antisipasi kejadian.

Saran/ masukan dari Kapolsek Perbaungan, *AKP M. Pandiangan, SH* antara lain Agar Dishub dan instansi terkait dapat menertibkan kendaraan yg parkir dibadan jalan setelah jembatan sei ular,  Para pedagang yg berjualan di Pasar tumpah di pasar bengkel dan sei buluh byk menggunakan bahu jalan sehingga badan jalan digunakan oleh pengendara betor dan menyebabkan kemacetan arus lalin, agar Dinas Pasar tdk mengutip retribusi kepada para pedagang tsb dan menertibkannya sehingga tdk menimbulkan kemacetan.Jalan Perlintasan KA di Pasar Bengkel rusak dan berlubang, mohon agar jalan yg berlubang tsb dapat ditimbun sehingga tdk menyebabkan macet lalin,Pos Pam sdh disiapkan di depan gedung wisma Juang, agar masing2 pimpinan ingatkan pers spya bertanggung jawab dlm pelaksanaan tugas.

Arahan dari Wakapolres, *KOMPOL Sofyan, SH* yaitu Mhn kepada  Asisten I utk menyampaikan kpd Dinas pasar utk tdk mengutip retribusi utk pedagang yg berjualan di bahu jalan sehingga mudah utk ditertibkan, Terkait dgn mobil derek dan damkar, agar Kabag Ops koordinasi dengan Kadishub dan Kasat Pol PP, Untuk mengantisipasi kemacetan di Pasar tumpah, agar Sat Pol PP dapat menempatkan personil di lokasi pasar tumpah.

Saran/ masukan dari PT KAI yg diwakili oleh Kepala Stasiun KA Perbaungan, *DT. M. Hidayat A*, yaitu :Kami menyiapkan 4 (Empat) pers stan by 24 jam yg berkoordinasi dgn Koramil Perbaungan, Siapkan personil Pam jalur dgn  koordinasi dgn polri, Kami siapkan personil utk pengamanan di lokasi perlintasan yg dianggap rawan, Kami menyiapkan juga utk Yan Kes,di stasiun KA.

Pada Saat ini stasiun KA Perbaungan sdh melayani utk menaikkan / menurunkan penumpang namun tdk ada penjualan tiket manual tetapi sistem online,Saran/ masukan dari Kapolsek Pantai Cermin, *IPTU M. Tambunan, SH* yaitu Pos Pam msh ttp bertempat di lokasi lama/ Desa Kotapari krn merupakan lokasi yg plg tepat/ strategis guna antisipasi kemacetan,  Malam tahun baru akan ada acara yang menghadirkan disk jockey (Dj) dari Medan dan sdh memperoleh ijin dari dinas terkait, Agar ditempatkan ambulans yg stan by di pos Pam, Mohon. agar personil yg terlibat nanti nya diingatkan utk melaksanakan tugas dgn rasa tanggung jawab jgn hanya foto2 saja.

Mohon untuk personil Sat Pol Airud distan by kan di wilayah Kec.Pantai Cermin guna membantu mengingatkan warga yg sedang bertamasya disana,Agar dapat men stan by kan Tim SAR dan BPBD disekitar wilayah Pantai,Saran/ masukan dari Wakapolres, *KOMPOL Sofyan, SH* yaitu Mohon kepada pimpinan instansi terkait agar benar2 mengecek kehadiran serta mengingatkan personilnya yg terlibat utk melaksanakan tugas dgn penuh tanggung jawab, Kasat Lantas agar prioritaskan tim pengurai di lokasi yg membludak.

Mohon kepada Asisten I agar dapat sampaikan kepada tim Sar utk stan by di lokasi yg Pantai yg pengunjungnya membludak,Saran/ masukan dari Kasat Lantas, *IPTU Andita Sitepu, SH, MH* yaitu :Agar kita bersinergi dlm pelaksanaan giat, Agar penjab pos Pam utk tegas, jika ada personil yg tdk masuk utk lgsg dilaporkan,Mohon bantuan dari Kadishub utk ttp tempatkan personil di lokasi jalur alternatif.

Kepada pihak SPBU jika ada antrian panjang konsumen utk tempatkan security guna mengaturnya.

Kami akan sebar nomor call center khusus lalu lintas, sehingga jika ada laka lantas atw pun kemacetn dpt menghubungi nomor tsb spya disampaikan kpd tim pengurai utk ditangani secepatnya.

Saran/ masukan dari Kanit Reg Ident Sat Lantas, *IPTU Andi Sujendral* yaitu kami mohon bantuan dari Kadishub utk jumlah water barrier dan safety cone yg bs kami gunakan utk di Kec.Pantai Cermin guna pembuatan arus 1 (Satu) jalur pada saat malam tahun baru dan tahun baru.

Tanggapan dari Asisten I, *Hj. Nina Delima Hutabarat, S.Sos, M.Si*  yaitu Agar pimpinan OPD benar2 mengawasi dan mengingatkan personilnya yg terlibat utk melaksanakan tugas dgn baik, jgn hnya dtg foto dan pulang.

Pada Hari Kamis bsk akan dilaksanakan rapat Forkopimda guna membahas ketersediaan sembako jelang Natal dan Tahun Baru dan akan kita bahas lebih lnjut terkait permasalahan2 yg telah disampaikan Kepada Dishub agar dapat menyegerakan dalam hal anggaran, Akan menempatkan ambulans dan obat2an di lokasi Pos Pam/ Pos Yan,Akan meminta contact center dari tim SAR, Agar petugas Dinas Pariwisata membantu mengingatkan pengunjung yg berwisata,Penutup dan kesimpulan oleh Wakapolres yaitu agar komunikasi aktif dari semua pihak guna bersinergi dlm pelaksanaan pengamanan Nataru sehingga situasi aman lancar.

Hadir dalam giat Bupati Serdang Bedagai diwakili oleh Asisten I, *Hj. Nina Delima Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kapolres Sergai, *AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK* diwakili oleh Wakapolres, *KOMPOL Sofyan, SH,Dandim 0204/ DS diwakili Danramil 10 Sei Rampah, *Kapten Inf. Sucipto,Kadis Perhubungan Kab.Serdang Bedagai, *GJW. Hasibuan, S.STP* beserta Kabid Lalin, *Samuel E. S,Kasat Pol PP Kab.Serdang Bedagai, *M.Wahyudi, S.STP,Kadispora Parbud Kab.Serdang Bedagai, *Drs. Zulfikar,Kadis Lingkungan hidup Kab.Serdang Bedagai diwakili Kabid LH, *Mulyanto,Kabag Ops Polres Serdang Bedagai, *KOMPOL L.S. Siregar, SH,Kasiwas Polres Serdang Bedagai, *AKP Eryuzalman, SH,Kapolsek Perbaungan, *AKP M. Pandiangan, SH,asat Lantas Polres Serdang Bedagai, *IPTU Andita Sitepu, SH, MH,Kapolsek Pantai Cermin, *IPTU M. Tambunan, SH, Para Kasubbag dan KBO Polres Serdang Bedagai, Densubdenpom Tebing Tinggi Peltu AP. Siahaan,Kepala PLN Sei Rampah diwakili oleh MULP pelanggan, *Ahmad Suriaman* dan *Ahmad Sodikin,Kepala Stasiun KA Perbaungan, *DT. M. Hidayat A,PT JMKT diwakili Asisten Manager, *M. Anam,Para pengusaha SPBU.

Selama giat sedang berlangsung dan situasi dalam keadaan aman kondusif.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.