Polres Langkat Melaksanakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2022



Langkat,(SHR) Dalam rangka meningkatkan kesadaran & kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di Polres Langkat melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Zebra Toba 2022, Senin (03/10/22) di Lapangan Jananuraga Polres Langkat.



Adapun Giat apel akbar ini dipimpin langsung Kapolres .Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, SH, SIK yang dihadiri Bupati Langkat diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Hermansyah, M.IP,

Ketua DPRD Kab. Langkat diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Langkat Ralin Sinulingga, SE, Danyon Marinir Tangkahan Lagan diwakili oleh Dankima Kapt Mar. Tulus Krido Sulistiyo, Dandim 0203 Langkat diwakili oleh Danramil 09 Hinai Kapten Inf. Ridwan, Kepala Pengadilan Negeri Stabat diwakili oleh Cakra Pahusid, SH, Kadis Perhubungan Kab. Langkat diwakili oleh Irwanta, Plt. Kepala Sat Pol PP Kab. Langkat diwakili oleh Rahmat,

Perwakilan Kemenag Kab. Langkat,para PJU Polres Langkat, para Kapolsek sejajaran Polres Langkat.

Adapun peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Zebra Toba 2022 wilkum Polres Langkat sbb :

1 Pleton Perwira Polres Langkat

1 Pleton Sub Den POM

1 Pleton Kodim 0203 Langkat

1 Pleton Yonif 8 Marinir Harimau Putih

1 Pleton Sat Pol Air

1 Pleton Sat Samapta

1 Pleton Sat Lantas

1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba

1 Pleton Polsek Gabungan

1 Pleton Dishub Kab. Langkat

1 Pleton Sat Pol PP Kab. Langkat

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, SH.SIK dalam amanatnya mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia – Nya, karena pada pagi hari ini kita semua dapat hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Zebra Toba 2022 yang dilaksanakan secara serentak oleh Polda Sumatera Utara beserta Polres Jajaran.

“Apel gelar pasukan yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2022 baik pada aspek personel, sarana prasarana dan termasuk keterlibatan seluruh unsur terkait,” kata Kapolres.

“Sebagaimana kita ketahui bersama permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap aturan berlalu lintas dan kepatuhan pada pengguna jalan sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materiil maupun korban jiwa,” papar Kapolres.

Selain itu, orang nomor satu di Polres Langkat ini juga menyampaikan bahwa selama periode Januari – Agustus 2022 telah terjadi 4.306 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan sbb :

• Korban Meninggal Dunia sebanyak 11.53 orang

• Korban Luka Berat sebanyak 1.443 orang

• Korban Luka Ringan sebanyak 4.786 orang

• Serta Kerugian Materiil sejumlah Rp. 11.355.120.000,-

Kapolres berharap dan menekankan agar seluruh personil yang hadir dalam apel akbar, dapat segera menyikapi permasalahan tersebut sekaligus upaya peningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) jelang Perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023. Untuk itulah Polda Sumatera Utara beserta Jajaran menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Toba 2022.

Adapun pelaksanaan operasi akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 3 s/d 16 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcar Lantas Yang Presisi”.

Perlu diketahui bahwa Operasi Zebra Toba 2022 merupakan Operasi Harkamtibmas Bidang Lalu Lintas yang mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif, didukung pola Penegakan Hukum secara elektronik menggunakan ETLE Status dan Mobile maupun teguran secara simpatik.


Pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2022 ini utamanya bertujuan untuk sbb :

• Mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas

• Mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas

• Serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas

“sehubungan dengan tujuan operasi yang telah saya sebutkan, perlu saya sampaikan pula bahwa sasaran Operasi Zebra Toba 2022 yaitu segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas baik sebelum, pada saat dan pasca operasi,” pinta Kapolres.

Melalui kesempatan ini saya berharap seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi, nantinya benar-benar memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan antara lain :

– Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi / tempat yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas

– Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcar Lantas melalui sosialisasi pada media cetak, elektronik maupun media sosial.

– Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas

– Melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas melalui pemberian tilang maupun terguran secara elektronik dengan ETLE Mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran

– Melaksanakan penegakan hukum dan penyidikan kecelakaan lalu lintas secara profesional, proporsional dan prosedural

– Serta melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial maupun media mainstream terkait Operasi Zebra Toba 2022.

Kemudian Kapolres menyampaikan dan menekankan untuk dipedomani dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Operasi Zebra Toba 2022 yaitu:

• Laksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis.

• Optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menghasilkan solusi atas kendala yang dihadapi.

• Tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan Operasi sehingga dapat mencegah segala bentuk penyimpangan yang bersifat kontra produktif.

• Jadilah teladan dalam berlalu lintas dan senantiasa utamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta masyarakat pengguna jalan lainnya.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Personel TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan lainnya yang terlibat dalam Operasi Zebra Toba 2022. “Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Dan semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara,” kata Kapolres mengakhiri.

Adapun Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Zebra Toba 2022 Polres Langkat berakhir pada pukul 9:20 dengan kondusif.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.