31.158 Narapidana Dan Anak Lapas/ Rutan Se Sumut Mendapatkan Remisi 17 Agustus 2022

 



Medan,-(SHR) 31.158 narapidana dan anak Lapas/Rutan se-Sumut mendapatkan remisi 17 Agustus 2022. Penyerahan remisi umum ini dilakukan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumut dan secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Lapas Kelas I Medan, Rabu (17/8/2022).


Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, berpesan kepada para narapidana yang menerima remisi HUT ke-77 Kemerdekaan RI, agar tidak lagi melanggar hukum, sehingga tidak kembali lagi menjadi warga binaan di Lapas.

Edy Rahmayadi menyatakan hal itu ketika menjadi inspektur sekaligus menyerahkan surat remisi secara simbolis kepada para narapidana, pada upacara pemberian remisi umum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Lapas Kelas I Medan, Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Medan Helvetia.

“Yang hari ini mendapat remisi, saya ucapkan selamat. Sekaligus saya ingatkan. Jadilah orang yang taat hukum. Jangan kembali lagi ke sini (Lapas) jadi warga binaan,” pesannya.

Sedangkan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi mengatakan, remisi merupakan salah satu instrumen hukum yang penting dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan.

Kemudian, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Erwedi Supriyatno menjelaskan pemberian remisi didasarkan pada perubahan perilaku selama menjalani pidana. Hal tersebut merupakan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik dan kelak dapat menjadi manusia yang produktif di masyarakat.

“Di mana pengurangan hukuman diberikan sebagai perwujudan dari apresiasi pencapaian perbaikan diri. Baik dari sikap maupun perilaku sehari-hari menjadi lebih baik, disiplin, dan produktif dalam menjalani proses pemidanaannya,” ucap Erwedi.

Dari 31.158 narapidana yang mendapatkan remisi, 20.292 orang di antaranya mendapatkan RU I (Remisi Khusus Sebagian) dan RU II (Remisi Khusus Seluruhnya). Jumlah Anak yang mendapat Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2022 sebanyak 43 Orang yang terdiri dari RU I (Remisi Umum Sebagian) dan RU II (Remisi Umum Seluruhnya).

Turut hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas Pinem, Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.