Kapolres Sergai Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke - 77

 


Sergai - (SHR)Kapolres Sergai Polda Sumut AKBP Dr. Ali Machfud .,S.IK.,M.ik selaku Inspektur Upacara memimpin pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022 di Lapangan Apel Polres Sergai , Rabu (17/8/2022).


Dalam amanatnya Inspektur Upacara menyampaikan hari kemerdekaan pada hari ini dijadikan sebagai ajang perenungan kebangsaan , bukan hanya semata tentang pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan , tetapi juga menjadi perenungan tentang keadaan bangsa Indonesia.


Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa selayaknya mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan tersebut , dengan terus berjuang tanpa pamrih dan penuh dedikasi kepada bangsa dan negara , guna menumbuhkan jiwa nasionalisme , guna rasa memiliki dan semangat kebersamaan bangsa.


Inspektur Upacara menyebutkan dengan tema peringatan Hut Kemerdekaan RI ke 77 “Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat”. adalah merupakan representasi dari pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara , sebuah simbolis dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia.


Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuh kembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat. Ditengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat, Polri bisa memberikan kontribusi positif dalam mendukung laju pembangunan nasional.


Peran aktif Polri dapat ditunjukkan melalui pelaksanaan tugas, peran, dan fungsinya sebagai institusi yang bertanggung jawab dibidang keamanan dalam negeri. Berbagai penanganan kejadian gangguan kamtibmas dan kejahatan dapat berimplikasi terhadap keberhasilan pembangunan Indonesia. Polri harus mampu mendukung agenda pemerintah utamanya dalam melancarkan dan mengamankan program pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, termasuk beberapa agenda nasional. “Kedepan yang akan kita hadapi seperti penyelenggaraan asean summit, G20, pilpres 2024 serta agenda nasional penting lainnya” ungkapnya.


Saya menekankan bahwa perenungan nilai proklamasi 17 agustus 1945 sangatlah berharga sebagai landasan instropeksi dan motivasi jati diri Polri, dalam pelaksanaan tugas yakni jaga soliditas internal, tingkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri guna merebut kepercayaan publik tanamkan dan tingkatkan terus nilai” kejuangan yang dimiliki para pahlawan untuk diaplikasikan pada medan pengabdian sebagai personil kepolisian.


Jadilah sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat, hindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku.


Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang dinamis sebagai wujud quick response Polri dalam melayani masyarakat serta tingkatkan kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholders seperti pemerintah daerah, BUMN dan swasta, TNI, aparat penegak hukum lain maupun dengan seluruh komponen masyarakat.


“Mari kita kawal dan amankan tahapan penyelenggaraan Pilpres 2024, jaga netralitas Polri serta bangun komunikasi yang efektif dengan seluruh elemen pelaksanaan Pilpres dan dukung pelaksanaan agenda pemerintah dalam mewujudkan upaya dan tindakan kepolisian yang sejalan dengan aturan hukum dan perundang-undangan” tutup Kapolres dalam amanatnya.


Hadir dalam kegiatan, Kapolres Sergai, Para Kabag, Kasat, Kasi, para Perwira dan Brigadir serta ASN Polres Sergai.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.