Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib Khatib Sholat Jum'at

 

T.Balai SHR

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib kembali menjadi Khatib pada pelaksanaan Sholat Jum’at di Masjid Al-Muttaqin, Jalan Beting Seroja (Esdengki), Tanjungbalai, Jum’at (24/6).

Dalam khotbah singkatnya, Plt Wali Kota Waris menyampaikan Kesalehan Sosial yang menunjuk pada perilaku orang-orang yang sangat peduli dengan nilai-nilai islami, yang bersifat sosial.

Ia mengatakan banyak orang yang saleh secara individual, namun tidak atau kurang saleh secara sosial, sebutnya

"Banyak yang tidak memiliki kepekaan sosial, dan kurang menerapkan nilai-nilai islami dalam kehidupan bermasyarakat. Bersikap santun pada orang lain, suka menolong, sangat peduli terhadap masalah-masalah jiran tetangga, memperhatikan menghargai hak sesama, mampu berpikir berdasarkan perspektif orang lain, mampu berempati, intinya merasakan apa yang dirasakan orang lain," katanya.

Lebih lanjut Waris mengatakan secara jelas kesalehan tidak mencakup hubungan baik dengan Allah (hablum minallah) saja, melainkan hubungan baik dengan sesama manusia (hablum minan nas), dan hubungan baik dengan alam (hablum minal alam.

Dalam Islam, sebenarnya corak-corak kesalehan itu merupakan suatu kemestian yang tak bisa ditawar. Semua harus dimiliki seorang Muslim, baik kesalehan individual maupun kesalehan sosial, tegas Waris

Kesalehan sangat tergantung pada tindakan nyata seseorang bahkan tida hanya berinteraksi dan bekerjasama dan bergaul dengan sesama, tapi prilakunya terhadap alam, baik hewan, tumbuh-tumbuhan. Agama mengajarkan "Udkhuluu fis silmi kaffah", tutup Plt Wali Kota Tanjungbalai mengakhiri khotbahnya

Usai pelaksanaan Sholat Jum'at Plt Wali Kota Waris makan siang bersama warga dan jamaah di pelataran teras Masjid.(Ry)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.