Ratusan Warga Di Puncak 2000 Kabupaten Karo "Membantah" Pengakuan Segelintir Oknum Warga Kota Medan Sebagai Simantek (Pendiri) Desa Sukamaju, Kec. Tigapanah Kabupaten Karo.




 Siosar,(SHR)" Tidak Benar Oknum Warga Kota Medan berinisial IG sebagai Simantek (pendiri) Desa Sukamaju", kata Intan Br Sembiring, salah seorang tokoh masyarakat Desa Sukamaju, Kabupaten Karo. Ketika menceritakan kepada awak media.


Timbulnya berita bohong tentang Pendiri Desa Sukamaju ini, ketika ratusan masyarakat Desa Sukamaju melakukan Aksi Unjuk Rasa, Rabu (16/3/2022) ke Kantor Polda Sumatera Utara, Kantor Kanwil BPN, Kantor Dinas Kehutanan Prov.Sumatera Utara dan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera yang terletak di Kota Medan.


Adapun tuntutan masyarakat Desa Sukamaju, pada saat Unjuk Rasa di kota medan tersebut adalah meminta Stop kriminalisasi terhadap masyarakat Desa Sukamaju, Tangkap Perambah Hutan di Desa Sukamaju dan Cabut Peta Bidang milik PT.BUK yang diterbitkan oleh Kanwil BPN Sumut.


Semua tuntutan ini, kata Intan Br Sembiring menambahkan merupakan "Demi Mempertahankan Dan Melindungi Tanah Adat Di wilayah Desa Sukamaju, Kabupaten Karo dari oknum-oknum mafia tanah.


Namun setelah beberapa hari kami selesai unjuk rasa di kota medan, Tiba-tiba ada segelintir oknum-oknum warga kota Medan yang tidak bertanggung jawab "Mengaku Ngaku Sebagai Simantek Kuta (Pendiri) Desa Sukamaju dan Merasa keberatan adanya aksi unjuk rasa yang telah dilakukan masyarakat tersebut, "Ini Benar-Benar Aneh Dan Telah Merugikan Masyarakat Desa Sukamaju, pernyataan mereka yang mengaku Simantek (pendiri) Desa Sukamaju telah dimuat di beberapa Media Online.


Juda Sembiring, menyayangkan oknum wartawan yang tidak melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Sukamaju perihal kebenaran siapa Simantek (Pendiri) Desa Sukamaju. Seharusnya wartawan sebelum memuat berita  wajib bertanya langsung kepada masyarakat atau tokoh masyarakat maupun tokoh adat Desa Sukamaju, jangan membuat berita yang meresahkan masyarat banyak, tambah Juda Sembiring, salah seorang Kalimbubu Tanah (tokoh Adat) Desa Sukamaju.


Bahwa siapa saja pendiri Desa Sukamaju, Kabupaten Karo adalah Marga Ginting beserta keturunannya yang hidup dan bertempat tinggal secara turun temurun di Desa Sukamaju, jadi bukan yang tinggal di Kota Medan, ditegaskan Juda Sembiring.


Sinaga Perangin Angin salah seorang Anak Beru Kuta Desa Sukamaju, ikut menegaskan kepada awak media, kalau Simantek Kuta (Pendiri) Desa Sukamaju adalah Marga Ginting yang hidup secara turun temurun di Desa Sukamaju, Kabupaten Karo.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.