Polres Pemantangsiantar Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan

 .        



Siantar,(SHR)Bertempat di Rumah kediaman Korban Stevan Theodore Polres Pematangsiantar Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 02 Oktober 2021 sekira pukul 07.30 Yang Dipimpin Oleh Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar AKP Banuara Manurung,SH


Dalam Kegiatan Tersebut Turut Diahari Oleh IPTU Bangun Rudwan Simanjuntak KBO Sat Reskrim,IPDA Moses Butar-Butar, SH Kanit Idik I Sat Reskrim,IPDA Apri Damanik Kanit Idik III Sat Reskrim,Penyidik Pembantu Sat Reskrim Polres Pematangsiantar,J. Tarigan, SH Kasipidum Kejari P.Siantar,Lince Jaksa Penuntut Umum Kejari P.Siantar,Ivani Koswara (Istri Korban) Pengacara dihadiri oleh Besar Banjarnahon,SH,Jumat 01 April 2022 Pada Pukul 10.00 Wib.


Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,S.I.K  Melalui Kasat Reskrim Menyampaikan bahwa rekonstruksi ini dilakukan, untuk memberikan gambaran secara nyata sehingga dari hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan terhadap para saksi maupun tersangka terjadi sinkronisasi dan kejelasan.


Rekonstruksi mulai dari awal sebelum kejadian hingga selesainya kejadian yang dilakukan peragaan adegan peradegan, semuanya langsung diperagakan oleh saksi dan tersangka, dengan 11 adegan,”yaitu Adegan ke pertama  Pada hari Sabtu tanggal 02 Oktober 2021 sekira pukul 07.00 Wib korban STEVAN THEODORE keluar dari rumah melalui gang belakang rumahnya dan pergi dengan mengendarai sepeda motor merk Honda Supra X warna hitam dengan nopol BK 3890 WAI,Noka : MH1JBP 119JK608694,Nosin : JBP1E608740 dengan memakai helm merk MAZ warna biru untuk membeli sarapan (berdasarkan keterangan saksi IVANI KOOSWARA dan rekaman CCTV )



Adegan ke dua Pada hari itu juga sekira pukul 07.15 Wib korban STEVAN THEODORE kembali kerumahnya melalui gang tersebut dengan mengendarai sepeda motor merk Honda Supra X warna hitam dengan nopol BK 3890 WAI,Noka : MH1JBP 119JK608694,Nosin : JBP1E608740 dengan memakai helm merk MAZ warna biru ( berdasarkan rekaman CCTV).



Adegan ke tiga Pada saat korban STEVAN THEODORE rumahnya, lalu tersangka ALI mengikutinya dari arah 1 (satu) meter terbuat dari besi dengan panjang kira-kira dimana salah satu ujungnya bengkok selanjutnya korban memarkirkan sepeda motor di gang tepat dipintu belakang rumahnya ( berdasarkan rekaman CCTV ).Kemudian korban STEVAN THEODORE dan tersangka ALI saling mendatangi dan terjadi pertengkaran mulut ( berdasarkan rekaman CCTV).



Adegan ke Empat Selanjutnya tersangka ALI memukul korban Stevan Theodore sebanyak 5 (lima) kali dengan menggunakan tongkat tersebut. yang mana pukulan pertama, kedua, korban menangkis dengan tangannya. selanjutnya korban membuka helmnya lalu menggunakan helm tersebut untuk menangkis pukulan ketiga dan keempat dan korban melempar tersangka dengan helm namun tidak mengenai tersangka.lalu tersangka kembali lagi memukul korban dan mengenai bagian wajah sebelah kanan yang mengakibatkan korban jatuh dengan posisi telungkup ( berdasarkan rekaman CCTV).



Adegan ke Lima Setelah korban jatuh dengan posisi telungkup tersangka kembali memukul korban dengan tongkat tersebut sebanyak 8 (delapan ) kali dan mengenai bagian belakang kepala korban, dimana akibat pukulan ketujuh dan kedelapan kepala korban mengeluarkan darah. setelah itu tersangka pergi dari tempat tersebut berdasarkan rekaman CCTV).



Adegan ke Enam Beberapa saat kemudian saksi JHONSIN Alias ASIN keluar dari rumahnya melalui pintu belakang dan Ianya melihat ada helm tergeletak dan juga ada seorang laki-laki ( korban ) yang tergeletak dengan posisi telungkup dan bersimbah darah. selanjutnya saksi mencoba mengangkat korban namun tidak mampu dan oleh karena itu Ianya pergi dan mengetuk pintu belakang rumah korban dan keluarlah istri korban ( Ivani Koswara ). kemudian saksi Jhonsin Alias ASIN memberitahukan bahwa suaminya tergeletak sambil menunjuk posisi korban.( berdasarkan keterangan saksi Jhonsin Alias ASIN dan rekaman CCTV).



Adegan ke Tujuh Selanjutnya saksi Ivani Kooswara mendatangi korban dan mencoba mengangkat korban namun tidak mampu lalu lanya menghubungi saksi Filbert Kooswara dengan menggunakan handphone selanjutnya saksi Filbert Kooswara dan Sherwin Kooswara datang dengan mengemudikan mobil. selanjutnya saksi Filbert Kooswara, saksi Filbert Kooswara dan saksi Jhonsin Alias Asin mengangkat korban kedalam mobil dan selanjutnya membawa korban ke Rumah Sakit. ( berdasarkan keterangan saksi Ivani Kooswara, saksi Filbert Kooswara, saksi SHERWIN Kooswara, saksi Jhonsin Alias Asin).


Atas kasus tersebut, tersangka dijerat pasal 338 Subs 351 ayat (3) KUHPidana.dengan ancaman hukuman minimal 15 tahun.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.