Lapas II A Sibolga Sebagai Instansi Pemerintah Dalam Memberikan Pelayanan Semaksimal Mungkin Ke Masyarakat




Sibolga,(SHR,)Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga (Lapas Sibolga) sebagai Instansi Pemerintah senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan semaksimal mungkin agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung. Ada dua bentuk pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, yaitu pelayanan ke dalam berupa Pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dan pelayanan keluar yang berhubungan dengan masyarakat luas, seperti keluarga warga binaan, tamu dan lainnya.


Salah satu bentuk pelayanan ke luar tadi erat hubungannya dengan kegiatan kunjungan keluarga dan penitipan barang. Seiring berjalannya waktu, Lapas Sibolga terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kunjungan dan penitipan barang. Selama Pandemi Covid-19, kunjungan terhadap WBP ditiadakan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun demikian, penitipan barang diperbolehkan dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan demi keselamatan bersama.


Lapas Sibolga sejatinya berkapasitas 332 orang, kini dihuni lebih dari 1.100 orang WBP. Hal ini tentunya berimbas kepada jumlah keluarga WBP yang ingin menitipkan barang. Mengantisipasi hal tersebut, beberapa hal telah dilakukan seperti menyusun jadwal kunjungan dan titipan barang, mengatur alur kunjungan dan titipan barang serta membuat jadwal piket petugas kunjungan.


Loket kunjungan dan penitipan barang dibuka pada hari Senin sampai dengan hari Jumat pukul 09.00 Wib s/d 11.30 Wib (Pagi) dan 13.30 Wib s/d 15.00 (siang). Dalam menitipkan barang dan makanan, keluarga warga binaan diberi batasan, hal ini dilakukan guna menghindari masuknya barang-barang terlarang.


Warga binaan Lapas Sibolga setiap harinya mendapatkan jatah makan tiga kali sehari dengan lauk bervariasi seperti daging, ikan, telur, sayur serta tambahan _extra fooding_. Makan warga binaan Lapas Sibolga diolah langsung di dapur Lapas yang telah bersertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasa Boga.

(Ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.