Buka Pelatihan Imam dan Khotib, Plt Wali Kota Waris Tholib Berharap Penyampaian Pahaman Ajaran Keagamaan Semakin Baik

T.Balai SHR

Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Imam dan Khotib Bagi Masyarakat Kota Tanjungbalai, di Aula MUI Tanjungbalai, Senin (13/9) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema "Dalam Mewujudkan Rahmatan Lil A'lamin Bagi Masyarakat Kota Tanjungbalai" tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan MUI Kota Tanjungbalai.

Dalam Sambutannya, Waris Tholib menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan, agar memanfaatkan momentum berharga tersebut untuk mengembangkan diri dan  meningkatkan wawasan keislaman. 

Waris berharap pelatihan itu memberikan pemahaman tentang pelaksanaan syariat Islam dan meningkatkan peran khatib dan imam dalam pembinaan spiritualitas masyarakat.

"Peserta harus belajar serius dan benar-benar mengikuti pelatihan. Jangan sampai sebagai Khatib menyampaikan dakwah ujaran kebencian, membuka aib orang. Apalagi tidak sesuai kaidah dan tidak memahami aturan khotbah," ucap Waris.

Menurutnya, Khotib dan Imam mempunyai peran kedudukan yang sama yakni selalu berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam setiap kegiatan-kegiatan.

Kedua pemuka agama tersebut harus membina umat dari berbagai persoalan. Terlebih di tengah kemunculan berbagai fenomena penyimpangan ajaran agama oleh pihak-pihak tertentu.

"Tugas dan tanggung jawab para khatib dan juga imam masjid adalah dalam menangani berbagai isu agar dapat diselesaikan dengan baik. Dakwah yang santun, semoga bisa tersebar luas dan dapat diterima oleh masyarakat Tanjungbalai. Khatib dan Imam harus membawa misi Rahmatal Lil A'lamin, menjadi penyejuk di Tanjungbalai, kota yang kita cintai ini," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Walikota Waris juga menyerahkan Kain Sarung secara simbiolis kepada peserta training sebagai bentuk komitmen Pemkot Tanjungbalai untuk mendukung program MUI Tanjungbalai yang menggelar kegiatan Pelatihan Khatib dan Imam tersebut.

Pelatihan Khotib dan Imam diikuti oleh 41 orang peserta, yang berasal dari utusan organisasi kegamaan dan sekolah, diantaranya yakni PRITA, Fordapim, Mimbar, FPDB, Podium, Madrasah, dan utusan MUI Kecamatan.

Adapun Narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut yakni Ustadz Ramlan Panjaitan, yang bertindak menjadi Pelatih Imam dan Ustadz Afrizal Zulkarnain sebagai Pelatih Khatib.

Hadir dalam acara pelatihan Ketua MUI Tanjungbalai Hajarul Aswadi,  Kabag Umum Hurmaini Nasution dan Kabag Kessos Mhd Fakhrialdi.(Ry)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.