Dua Hari Operasi Premanisme dan Pungli, Polda Sumut Amankan 488 Orang

 



Medan,(SHR)Polda Sumut bersama Polres jajaran mengamankan 488 orang pelaku tindak pidana premanisme dan pungutan liar (Pungli). Mereka diamankan selama dua hari pelaksanaan operasi, menindak lanjuti instruksi Kapolri tentang pemberantasan pungli dan Premanisme.


 Kapoldasu melalui Kasubbid Penmas Bis Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan, Senin (14/6) mengatakan, para pelaku pungli dan premanisme diamankan dari berbagai lokasi di wilayah Sumatera Utara.


"Sebanyak 488 terlibat tindak pidana premanisme dan pungli diamankan selama dua hari (Minggu 13-Senin 14/6 red), kata MP Nainggolan, Senin (14/6).


Mantan Kapolres Nias Selatan itu merinci, pada operasi yang dilaksanakan Senin (14/6) sebanyak 198 pelaku pungli dan premanisme diamankan dengan rincian 191 orang dibina dan 7 orang disidik.


 "Sebanyak 198 orang kita amankan dari 90 TKP," terang Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan. 


Sedangkan pada Minggu (13/6), beber Nainggolan, sebanyak  290 orang yang terlibat pungutan liar dan 1 orang kasus premanisme. Dari angka itu, 290 orang dibina sedangkan seorang lagi disidik.


 "290 orang itu kita amankan dari 250 TKP sasaran operasi premanisme dan pungli," jelasnya. 


Nainggolan juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan call center 110 bila mengetahui adanya pungli ataupun aksi premanisme. Layanan call center 110 tersedia 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari kepolisian.


 "Masyarakat tidak perlu khawatir dengan aksi premanisme. Kami akan memberikan bantuan yang maksimal kepada warga Sumut," tandasnya


Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra telah memerintah seluruh jajaran untuk menindak siapa saja yang melakukan aksi premanisme dan pungutan liar. Panca juga meminta kepada para kapolres untuk mengekspos setiap penangkapan kasus premanisme dan pungutan lain. 


"Tujuannya untuk menciptakan efek jera kepada para pelaku pungli  ataupun preman yang kerap meresahkan masyarakat," tegasnya.


Jenderal bintang dua itu menegaskan,  negara tidak boleh kalah dengan aksi premanisme. "Oknum dan preman segera bersihkan, tangkap dan tuntaskan," tegasnya.(ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.