Bea Cukai Teluk Nibung bentuk Tim Klinik Ekpor

T.Balai SHR

Dalam rangka mendukung percepatan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Teluk Nibung telah membentuk Tim Klinik Ekspor sebagai wujud dukungan untuk mendorong kegiatan ekspor di Pelabuhan Bea Cukai Teluk Nibung. Khususnya kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah kerja KPPBC TMP C Teluk Nibung untuk dapat mengembangkan usahanya melalui peningkatan ekspor. Salah satu tugas Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Teluk Nibung adalah mendata dan menganalisa potensi ekspor di wilayah kerja KPPBC TMP C Teluk Nibung.

Pada periode tanggal 28 s/d 30 April 2021, Subtim Bimbingan Teknis Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Teluk Nibung telah melakukan kegiatan Bimbingan Teknis terhadap beberapa pelaku UMKM di daerah Asahan dan Tanjungbalai. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan (skills) para Eksportir/pengusaha UMKM agar dapat lebih berperan dalam kegiatan usaha yang berorientasi ekspor dan menghasilkan produk bernilai tambah dan lebih berdaya saing serta siap menghadapi pasar internasional, dan juga membantu memberikan solusi kepada UMKM terhadap kendala-kendala yang dihadapi agar usaha yang dilakukannya menjadi tumbuh dan berkembang serta dapat meningkatkan Devisa Ekspor dan menyerap tenaga kerja.

Beberapa UMKM yang sudah mendapatkan Bimbingan Teknis dari Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Teluk Nibung dapat dilihat di kolom komentar.

Dapat disimpulkan dari kegiatan ini, masih banyak potensi-potensi yang bisa digali di daerah Tanjungbalai dan Asahan dalam bentuk UMKM. Diharapkan pemerintah perlu turut campur untuk memberikan dukungan, bimbingan, bantuan modal dan pembeli di luar negeri agar usaha-usaha tersebut dapat berkembang dan dapat diekspor ke manca negara serta dapat meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa UMKM yang sudah mendapatkan Bimbingan Teknis dari Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Teluk Nibung antara lain:

1. Kripik Asahan, alamat: Sidomukti – Kisaran, produk: Kripik singkong, Opak dan Emping

2. Bapak Suroto (usaha belum terdaftar), alamat: Air Joman - Kab. Asahan, produk: Buah daging kelapa

3. UD. Jamu Aura Kasih, alamat: Air Joman - Kab. Asahan, produk: jamu/obat tradisionil

4. Toko Sepatu Ryan Bunut Shoes, alamat: Bunut – Kisaran,  produk: sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, tas sandang

5. Ibu Asmah (usaha belum terdaftar), alamat: Pulau Bandring - Kab. Asahan, produk: minuman jahe instan

6. UKM Dodol Widia, alamat: Kedai Ledang – Kisaran,  produk: dodol

7. UKM Bintang Jaya, alamat: Sentang – Kisaran,  produk: roti kipas.(Arsito)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.