Jakarta Segera Bangun Kantong Parkir di Daerah Penyangga

Jakarta,SHR – Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta segera membangun 10 park and ride (kantong parkir) di daerah penyangga. Pemerintah setempat menyediakan lahan sedang konstruksi dibangun Pemprov DKI Jakarta.
Ke-10 lokasi tersebut yaitu Kota Bogor masing masing di Terminal Bubulak dan Eks Pasar Bogor; Kabupaten Bogor di Tempat wisata Sukaraja/Ciawi (Cibanon Km 42,5 Tol Jagorawi); Kawasan Jalan Tegar Beriman dan Kawasan stasiun KRL di Terminal Bojong Gede.
Kota Bekasi: Kawasan Stadion Patriot Candrabhaga, Kawasan Bulan-bulan/PMI dan Terminal Bekasi. Kabupaten Bekasi di Kawasan Stasiun Telaga Murni dan Kawasan Stasiun Cikarang Utara.
Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Premi Lestari mengatakan, saat ini masih menunggu dokumen perencanaan daerah mitra sebelum melaksanakan konstruksi park and ride.
Menurutnya, apabila pemerintah daerah mitra cepat mengajukan dokumen tersebut, Pemprov DKI bisa langsung melaksanakan konstruksinya. “Mereka harus siap dulu dong perencanaan, tata ruang, zonasi, DED-nya, izinnya. Mereka sudah clear, baru kita bisa memberikan, membahas dengan pelaksanaan konstruksinya,” kata Premi, Sabtu (22/12).
Saat ini, ada beberapa pemerintah daerah mitra yang sudah menyediakan lahan untuk pembangunan park and ride, seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Sedikitnya ada sekitar 10 lokasi. Namun, itu baru pengajuan lahan, belum dokumen perencanaan ataupun DED
“Prosesnya akan dimulai 2019. Kami harap dokumen perencanaan cepat diselesaikan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono menuturkan, penyediaan park and ride merupakan salah satu kebijakan untuk memindahkan pengendara pribadi ke dalam angkutan umum.
Menurutnya, saat ini, penyediaan angkutan umum Jabodetabek sudah cukup banyak dan berbagai kebijakan pengendalian kendaraan pribadi juga sudah dilakukan. Untuk itu, sudah seharusnya ada park and ride agar pengendara pribadi berpindah menggunakan angkutan umum.( Bet )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar