Muslimah Ahmadiyah Adakan Seminar Bagi Orang Tua Siswa PAUD

Jakarta,SHR - Acara seminar ini dibuka pada pukul 10.15 WIB dengan diawali perkenalan ibu Tati selaku ketua PAUD ASSHOBIRIN. yang berada di jalan Kampung Duku RT.01 RW.06 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan.
Acara selanjutnya adalah pemaparan oleh ketua Tim Psychologi Al-Hidayah Ibu Parindrati W A M.Psi yang didampingi Ibu Monica dan Ibu Radiah Razak.
Seminar ini secara khusus ditujukan bagi orang tua murid dengan tema “Mengenal dan Mengetahui Teknik Intervensi Anak-anak Yang Mengalami Kesulitan Belajar”.
Dalam kesempatan ini hadir sekutar 20 orang peserta. Ibu Tati bertutur bahwa Paud yang didirikan bersama suaminya tepat berada dirumahnya. Kelas dibagi dua waktu, pagi jam 07.00-09.00 dan sekolah siang jam 09.00-11.00
Tibalah pada acara inti oleh ibu Parindrati yang memaparkan tentang 4 tahap perkembangan anak yaitu :
1. Psycal Dev
2. Cognitive Dev
3. Language & Comunication
4. Social Emotion Dev
Disini juga diterangkan bila anak-anak mengalami 1-2 hambatan pada perkembangan diatas masih tergolong normal untuk seusianya, tetapi bila ia mempunyai 3-4 hambatan berarti anak sudah harus penangan secara khusus secepatnya.
Ada juga anak-anak yang karateristiknya mengalami kesulitan belajar, umumnya ada pada :
■ Area Motorik
■ Area Kognisi (pola pikir)
■ Area Bahasa & Komunikasi
■ Area Sosial Emotion
Dalam kesempatan ini dijelaskan juga tanda-tanda anak yang mengalami kesulitan belajar, yang bermasalah ketika membaca dan lain-lain, dan juga diberikan poin-poin cara penanganan nya.
Setelah acara tanya jawab selesai, acara dilanjutkan oleh Ibu Monica yang memberikan penjelasan tentang cara kerjasama antara orang tua dan anak untuk diterapkan sehari-hari di rumah.
Cara ini harus diadakan dengan persetujuan bersama anak dan diharapkan dapat memberi semangat serta kedisiplinan karena bila anak melakukan tugas yang sudah disepakati  dengan baik maka akan diberi hadiah tetapi bila sebaliknya akan diberi sangsi yang ringan.
Demikianlah tanpa terasa waktu sudah pukul 11.00 WIB dan siap-siap melaksanakan sholat Jum’at, tetapi ada beberapa orangtua yang masih konsultasi.
Para peserta sangat antusias dan sangat membutuhkan pengarahan-pengarahan bagi anak-anaknya yang bermasalah. Kepada peserta yang ingin konsultasi lebih lanjut Tim bersedia untuk dihubungi dan dapat juga berlanjut di Mesjid Al Hidayah...( Jun )`
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276