Polda Sumut Membangun 1.000 Rumah Subsidi Sederhana Di 8 Lokasi



 Medan, (SHR) Polda Sumatera Utara (Poldasu) akan membangun 1.000-an Rumah Subsidi Sederhana (RSS) yang diperuntukkan bagi personelnya. “Sejauh ini sudah ada 1.076 personel yang mendaftar untuk memiliki rumah itu,” ungkap Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, saat melakukan pemantauan pembangunan rumah bagi anggota Polri di Perumahan Rorinata Residen Tahap X, Desa Sukamaju Indah, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, baru-baru ini.
Paulus menyampaikan, proyeksi ini dilakukan, agar seluruh personel yang bertugas di Polda Sumut dapat memiliki rumah. Untuk sistem Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) itu, ujar Paulus, personel harus melakukan registrasi terlebih dahulu kepada Karo SDM dan memilih lokasi perumahan yang diinginkan.
“Terus personel tersebut harus menyediakan data-data dan selanjutnya akan di proses oleh pihak bank seperti BRI, BNI dan Mandiri,” jelasnya. Setelah itu, sambung Paulus, pihak bank akan bertemu dengan ASABRI (Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) dan membicarakan berapa Down Payment (DP) yang akan diberikan kepada pihak bank. “Setelah itu, baru diketahui berapa cicilan perbulan yang harus dibayar oleh personel,” ujarnya.
Ia mengatakan tenor paling lama untuk kepemilikan rumah maksimal berlangsung selama 25 tahun, atau bisa mengikuti sampai personel pensiun. “Secepatnya perumahan subsidi ini selesai. Akan tetapi sejauh ini baru akan dibangun sebanyak 500 unit terlebih dahulu,” terangnya.
Paulus mengaku, terdapat 8 lokasi rumah subsidi yang akan dibangun Polda Sumut bagi personelnya. Ia menilai, lokasi perumahan yang ada ini sudah sangat cocok untuk dihuni seluruh personel, karena letaknya tidak begitu jauh dari Mapolda Sumut.
“Kita membangun rumah ini sesuai kebijakan bapak Kapolri yang menyatakan personel harus memiliki rumah sendiri,” tandasnya. Selain itu, Poldasu juga akan membangun perumahan di atas 45 hektare di Pasar VI, Lingkungan XI Wismarejo, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat.
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, selain perumahan Polri, lahan HGU Eks PTPN II tersebut juga nantinya diperuntukkan membangun lapangan tembak dan gudang barang bukti Polres Langkat. “Lahan seluas 45 hektare ini akan dibangun perumahan Polri, lapangan tembak dan gudang barang bukti untuk Polres Langkat,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (8/8).
Tatan menjelaskan, sebelumnya pada Selasa (7/8) pukul 12.00 WIB, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw telah meninjau lokasi lahan tersebut. Kunjungan tersebut kata Tatan, disambut oleh Kapolres Langkat AKBP Dedi Indriyanto beserta para Pejabat Utama (PJU) Polres Langkat, yang juga dihadiri PJU Polda Sumut dan Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu.
Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Langkat. Untuk itu, Polda Sumut, kata Paulus, berjanji akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna mendukung kinerja Polda Sumut menjadi lebih baik kedepan. “Apresiasi ini khususnya kepada Bupati Langkat Ngogesa Sitepu dan seluruh pihak terkait, atas sumbangsih dan peran sertanya dalam mendukung terlaksana proses hibah tanah tersebut. (ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276