Ratusan Masyarakat Desa Sekoci Terima Kunjungan Reses Muhri Fauzi Hafiz


Langkat,SHR –  Masyarakat Dusun Pantai Pulo, Desa Sekoci Kecamatan Besitang Kab. Langkat, menerima kunjungan Reses Bapak Muhri Fauzi Hafiz, Anggota DPRD Sumut Komisi A dari Fraksi Partai Demokrat, Kamis siang (5/10).
Kunjungan kali ini dalam rangka  serangkaian Reses yang sudah diagendakan oleh Kantor Sekretariat DPRD Sumut yang dimulai dari tanggal 3 – 8 Oktober 2017.
Kedatangan Bapak Muhri Fauzi Hafiz disambut dengan hangat oleh warga Desa Sekoci yang berasal dari berbagai Dusun yang ada. Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan harus menyebrang jembatan gantung, tidak mengurangi rasa semangat Anggota Dewan yang satu ini untuk langsung bertatap muka guna mendengarkan aspirasi masyarakat bawah khususnya yang ada di Desa Sekoci ini.
Dalam proses dialog,  tokoh masyarakat, Penyuluh Pertanian dan Tokoh Pemuda menyuarakan tentang peningkatan Ekonomi masyarakat yang mayoritas profesinya  adalah bertani, berkebun serta beternak.
Pak Sukiran yang merupakan Ketua Kelompok Tani Desa Sekoci menyampaikan bahwa potensi tanaman Jeruk cukup menjanjikan di Desa  Sekoci ini namun ada banyak factor permasalahan yang muncul.
“Permasalahan kami tentang bertanam jeruk adalah Pemasarannya. Kami tidak bisa berbuat banyak karena sudah ada permainan Tengkulak. Kami tidak bisa menetukan harga sendiri. Kerap kali kami dirugikan dengan harga yang tidak berpihak kepada Petani, ” Ujar pak Sukiran.
Setali tiga uang, Pak Sutris yang merupakan Petugas PPL di Desa Sekoci  juga menyampaikan bahwa potensi pertanian dan perkebunan cukup baik di desa ini. Namun persoalan Management Pemasaran dan Jaringan yang menjadi kendala utama.  Sehingga petani terus  bergantung dengan tengklak.
“Saya sudah 10 tahun PPL di Desa Sekoci, namun tidak ada perubahan yang signifikan terhadap para petani Jeruk khususnya yang ada di Desa Sekoci. Berbagai usulan sudah dilayangkan ke Dinas terkait namun hngga saat ini belum terealisasi,” kata Pak Sutris.
Kemudian Ketua Karang Taruna Desa Sekoci yang bernama Bambang menyampaikan usulan tentang Perbaikan Jembatan Gantung yang ada di Desa Sekoci.
“Sudah sejak lama kami mengusulkan Perbaikan Jembatan Gantung agar bisa dilewati Mobil sehingga transportasi antar Dusun di Desa Sekoci bisa berjalan dengan baik. Melalui Musrenbangdes sudah masuk menjadi prioritas utama sejak 10 tahun yang lalu, namun hingga saat ini belum terealisasi,” Tegas Bambang.
Selanjutnya  Muhri Fauzi Hafiz menanggapi usulan dan masukan dari masyarakat Desa Sekoci ini.
“Saya akan sampaikan hasil reses ini ke Pemerintah Propinsi Sumatera Utara melalui Gubernur. Namun terkait dengan usulan tentang peningkatan ekonomi masyarakat melalui Budidaya jeruk, mohon saya diberikan proposalnya sehingga ada bahan buat saya untuk menyampaikan ke Lembaga terkait di level Propinsi Sumut,”  Jelas Fauzi.
“Dan berkenaan dengan usulan fasilitas perbaikan jembatan gantung, saat ini memang agak sulit untuk usulan infrastruktur namun demikian akan diteruskan ke Pemerintah Propinsi,” Kata Fauzi kepada masyarakat Sekoci.
Setelah selesai diskusi, selanjutnya Muhri Fauzi Hafiz meninjau Peternakan Kambing yang  merupakan bantuan dari Pemerintah Propinsi melalui usulan Kelompok Tani yang diperjuangkan oleh  Muhri Fauzi Hafiz. Jumlah bantuan ternak kambing tersebut berjumlah 30 ekor. ( UC )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276