Diguncang Gempa Berkekuatan 5,5 SR, Sebanyak 60 Unit Rumah Rusak


MEDAN, (SHR)  - Gempa bumi berkekuatan 5,5 pada skala richter yang terjadi di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara pagi tadi menyebabkan kerusakan rumah milik warga.
Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (14/7/2017).

Dari data yang dihimpun BNPB, sedikitnya ada puluhan rumah yang mengalami keretakan.
"Jumlah keseluruhan rumah yang rusak akibat bencana gempa pagi tadi ada 60 unit. Ke-60 unit rumah ini tersebar di Kota Padangsidempuan dan Tapanuli Selatan," kata Sutopo, Jumat (14/7/2017) sore.

Adapun wilayah yang terdampak gempa tersebar di Kota Padang Sidempuan, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu, Desa Poken Jior, Desa Mompang, Desa Simatohir, dan Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru

Untuk wilayah Tapanuli Selatan, katanya, desa yang terdampak gempa meliputi Kecamatan Angkola Barat, Desa Sitara Toit dan Desa Lobulayan Sigordang."Setelah tim kami melakukan pendataan, ternyata ada satu korban yang mengalami luka-luka. Ia adalah Masitoh Ritonga, perempuan berusia 73 tahun yang tinggal di Desa Sitara Toit," ungkap Sutopo.Kondisi terakhir, kata Sutopo, memang gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Begitupun, masyarakat harus tetap waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi."Sekarang ini masyarakat sibuk melakukan perbaikan rumah yang terdampak gempa. Banyak bangunan mengalami keretakan setelah kejadian ini," ungkap Sutopo.(dd)

Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276