2.470 Calon Haji Kota Medan Diberi Vaksin Meningitis




Medan,SHR- Dari 2.470 jemaah calon haji Kota Medan, tercata sudah 90 persen sudah diberi vaksin meningitis. Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas masing-masing, sesuai tempat tinggal dari para calon haji.

"Fungsi vaksin itu untuk daya tahan tubuh agar tidak mengalami radang otak. Karena disana, semua orang dari berbagai negara akan berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji," ujar Kepala Dinas Kesehatan Medan drg Usma Polita kepada wartawan, Jumat (21/07/2017).

Menurutnya, pemberian vaksin itu memang efektifnya dilakukan enam bulan sebelum keberangkatan ketanah suci. Namun di Puskesmas, biasanya diberikan pada dua bulan sebelum keberangkatan, agar rentang waktunya bisa lebih panjang."Mereka yang belum divaksin, akan diupayakan sudah divaksin sebelum keberangkatan 28 Juli nanti. Tapi, untuk kloter pertama sudah di vaksin," terangnya.

Usma melanjutkan, di Puskesmas juga ada Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Melalui Posbindu PTM ini, bekerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), agar jemaah calon haji dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Selain juga untuk pemeriksaan penyakit jantung dan penyakit tidak menular lainnya.

"Melalui Posbindu PTM, juga dapat segera dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM dimasyarakat dapat ditekan. Posbindu PTM juga merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik," jelasnya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Sumut dr NG Hikmet melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi Suhadi menyebutkan vaksin meningitis yang diterima dari Kemenkes sebanyak 8.466. Dari jumlah itu yang sudah didistribusikan ke kabupaten/kota sebanyak 8.360, karena ada kabupaten/kota yang belum lengkap mengambil kekurangan vaksinnya."Saya menghimbau agar kabupaten/kota yang belum mengambil sisa vaksinnya supaya segera dapat diambil,( Rusdi )

Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276