Warga Medan Deli Antusias Sosialisasi Sambung Rasa PDAM Tirtanadi



Medan _ SHR Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi mengadakan kegiatan sambung rasa sekaligus sosialisasi terkait kenaikan tarif PDAM Tirtanadi di Kantor Lurah Mabar Hilir, Selasa (19/4/2017) sekitar pukul 10:00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat se Kecamatan Medan Deli, pengurus LSM Penjara Sumut Zulkiflin, Panitia Pelaksana Mahudin Nasution, Ketua DPC LSM Penjara Kota Medan Indra Sembiring, SH dan pengurus lainnya, Sekretaris Kecamatan(Sekcam) Medan Deli Irvan Siregar, Lurah Mabar Hilir Syahrul, Kepala Cabang PDAM Cemara, Kepala Humas PDAM Tirtanadi Jumirin dan Zulkifli Lubis selaku pembicara dari PDAM Tirtanadi serta pakar dari Usu Irvan Sumatupang.

Kepada masyarakat se Kecamatan Medan Deli, Kelurahan Mabar Hilir. Zulkifli mengatakan bahwa tarif air PDAM Tirtanadi sudah lama tidak melakukan penyesuaian. Terakhir kali Tarif air ini naik pada tahun 2013.

"Tarif PDAM Tirtanadi terakhir kali mengalami kenaikan pada tahun 2013, jadi dengan dilakukan penyesuaian tarif tahun ini dirasakan sudah sepantasnya dilakukan. Karena, dengan dilakukan penyesuaian tarif akan semakin meningkatkan kualitas kepada masyarakat (pelanggan)," ujar Zulkifli kepada masyarakat.

Selain menyampaikan masalah penyesuaian tarif air PDAM Tirtanadi, Zulkifli juga menjelaskan bagaimana situasi dan kondisi PDAM Tirtanadi saat ini serta seluruh pembiayaan yang dikeluarkan PDAM Tirtanadi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya.

"Memang air gratis, tetapi membuat air menjadi bersih dan pengoperasioannya hingga sampai kepada masyarakakat maupun pelanggan itu yang besar biayanya. Makanya dilakukan penyesuaian tarif dan penyesuaian ini sudah disetujui oleh Gubernur Sumut selaku penanggung jawab dari BUMD PDAM Tirtanadi ini," tuturnya.

Adapun hasil yang positif yang berhasil diciptakan PDAM Tirtanadi diantaranya melakukan Input transparansi dan akuntabilitas. Bahkan PDAM Tirtanadi dalam meningkatkan pelayanan juga telah dibuka pembayaran rekening air dan membuka sambungan baru secara online.

"Dulunya ada pegawai PDAM Tirtanadi yang melakukan penagihan dari rumah kerumah, untuk menghindari kerugian pelanggan. PDAM Tirtanadi sudah membuka sistem pembayaran rekening air melalui Online dan pasang baru juga sudah bisa melalui online," ungkapnya menerangkan.

Sedangkan Irvan Simatupang dosen dari USU dan sebagai pembicara kegiatan sosialisasi ini mengatakan bahwa penyesuaian tarif itu merupakan hal yang biasa. Apalagi PDAM Tirtanadi sejak tahun 2013 tidak melakukan penyesuaian tarif.

"Kenaikan tarif air ini pastinya sudah dilakukan berbagai kajian, namun saya mengharapkan agar pelayanan PDAM Tirtanadi semakin ditingkatkan. Misalnya jangan ada lagi air kotor maupun mampet, itula yang diharapkan dari masyarakat. Jika ada keluhan dari masyarakat ataupun pelanggan haruslah secara cepat direspon," ujarnya menjelaskan.

Sementara Ketua DPD LSM PENJARA Sumut, Marlon Purba, SH diwakili Sekretaris Zulkifli menuturkan penyesuaian tarif air PDAM Tirtanadi masih tahap wajar, mengingat bahan baku pengelolaan air bersih terus mengalami kenaikan.

"Bila dibanding dengan kenaikan tarif listrik jauh sekali perbedaanya, baru 4 tahun alami kenaikan terhitung 2013 lalu dan kenaikan kali ini sesuai Permendagri Nomor 71 Tahun 2016, jadi kita tetap mendukung kebijakan yang sifatnya pro rakyat , "ucap Zulkifki didampingi Sumbo Saing selaku Bendahara DPD LSM PENJARA Sumut dan seluruh anggota LSM.

Acara sosialisasi hari ini tergolong sukses, penilaian sukses itu dapat di lihat dari atensi masyarakat yang memadati ruangan aula dan tidak tertampung sehingga banyak warga dan pengurus dan anggota LSM duduk diluar, tercatat dalam absen kehadiran warga sekitar 180 orang belum masuk anggota dan pengurus LSM PENJARA, jelas Bendahara DPD LSM PENAJARA Sumut, H. Sumbo Saing kepada sejumlah wartawan.

Masyarakat yang mendengar sosialisasi ini merespon dengan positif dengan wacana penyesuaian tarif air PDAM Tirtanadi ini.

"Tarif air naik tidak masalah, asal pelayanan ditingkatkan," kata warga

Berbeda dengan Eko, Nina masyarakat Lingkungan V, Kelurahan Mabar Hilir mengatakan bahwa saat ini belum ada jalur PDAM Tirtanadi yang masuk kedalam Gang dirumahnya.

"Saya berharap agar PDAM Tirtanadi segera membangun jalur ke Lingkungan rumah saya, saya dan keluarga yang lain juga mengharapkan hal yang sama," harap Nina .(Red/ Ariel)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.