Kabupaten Asahan Gelar Sosialisasi Gerakan Orang Tua Hebat


Asahan, (SHR) - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar kegiatan sosialiasi Gerakan Orang Tua Hebat di Hotel Bintang, Rabu (19/4/2017). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi keluarga–keluarga untuk menerapkan pola asuh yang baik serta membangun keluarga yang berkualitas.
Peserta Kegiatan terdiri dari Kader BKB, PL KB, UPT dan para orangtua. Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang, selaku narasumber dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada keluarga.
"Oleh karena itu, keluarga yang dalam hal ini orang tua bertanggung jawab penuh untuk membentuk karakter anak. Selain itu, sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2002 yang menyatakan bahwa hak anak merupakan bagian dari hak azasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Negara," ujarnya.
Sehingga, tambahnya, selama anak dalam pengasuhan orang tua, wali atau pihak manapun harus memberikan perlindungan dari perlakuan diskriminasi, eksploitasi ekonomi dan sosial, penelantaran, ketidakadilan, kekerasan dan penganiayaan.
Dalam kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan bagaimana pola pengasuhan yang baik dengan memberikan kasih sayang, stimulasi dini, gizi seimbang, dan perawatan kesehatan.
"Khusus kepada anak usia remaja, para orangtua juga perlu membimbing dan mengarahkan anak untuk menemukan jati dirinya sehingga tidak terjebak dalam pergaulan yang bebas dan bahaya penyalahgunaan narkoba," ujarnya lagi.
Terakhir, ia mengingatkan kepada seluruh orang tua agar dalam menerapkan pola pengasuhan anak tetap mempedomani pengamalan butir–butir Pancasila, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan nilai–nilai Pancasila serta ajaran agama dan kepercayaan masing–masing.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276