Pak Jokowi! Kapal Nelayan Tersendat Akibat Surat Izin Tak Siap, Nasib Nelayan Gimana Pak...


BELAWAN –SHR  Saat ini untuk mengurus Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) untuk kapal berukuran (GT) 6 - 30 yang dilaksanakan sekaligus diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Propinsi Sumatera Utara berjalan sangat lambat dan terkesan bertele – tele, Hal ini ditandai dengan mengeluhnya para pemilik kapal yang berada diwilayah Gabion Belawan dan sekitarnya, Rabu (01/02/17)

Untuk mengurus SIPI ini, agen kapal nelayan pun harus menunggu 2 bulan  bisa lebih untuk mendapatkan izin daerah dari pemprovsu itu,  padahal kalau untuk mengoperasikan kapalnya SIPI itu wajib ada di kapal. 

Menurut Agen Kapal yang tak mau disebutkan namanya itu bahwa hal ini sudah kelewat batas sehingga diperkirakan ratusan kapal dari tiap-tiap gudang yang ada di Gabion Belawan tersendat  berangkat mencari ikan.

Salah satu Agen mengatakan “Menurut peraturannya sih! Itu Izin dua minggu sudah kelar, namun hingga kini ada yang dua bulan lebih, pemilik  kapal mengalami kendala untuk mengoperasionalkan kapalnya alias  tidak dapat melaut lah mereka” katanya sumber .


Jatmoko Kasi Syahbandar Kelautan dan Perikan Belawan mengatakan “  Sebagai saran pelayanannya agar cepat dan mudah diselesaikan, sehingga para nelayan bisa melaut lagi, mudah-mudahan ada solusinya, bila perlu didampingi dinas instansi terkait terutama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi agar lekas selesai” terang Jatmoko via seluler.(Ariel)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276