RSUP Haji Adam Malik Medan Terima 113 Keluhan dari Pasien Thn 2016

Medan,SHR-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik menerima sebanyak 113 keluhan dari masyarakat di sepanjang tahun 2016 lalu.Berdasarkan data yang terdaftar di instalasi admisi, untuk bulan Januari terdapat sebanyak 13 keluhan, Februari 15 keluhan, dan Maret mendominasi dengan 17 keluhan.
 
Selanjutnya, pada April terdaftar 13 keluhan, Mei hanya 2 keluhan, Juni 12 keluhan, Juli dan Agustus 9 keluhan, September 7 keluhan, Oktober dan November 1 keluhan serta Desember 14 keluhan."Salah satu contoh keluhannya adalah soal ketidaktahuan pasien bagaimana prosedur berobat di RSUP H Adam Malik. Terutama pasien dengan layanan kesehatan jaminan sosial," ujar Kassubag Humas RSUP HAM Masahadat Ginting, Kamis ( 26/01 ).
 
Tidak hanya itu, banyak juga pasien yang berkasnya tidak lengkap. Kondisi itu membuat mereka bingung dan akhirnya melaporkan keluhannya.Keluhan di RSUP H Adam Malik jelas Masahadat terbagi dalam tiga kategori, yakni merah, kuning dan hijau. Merah cenderung berhubungan dengan polisi, pengadilan, kematian, keluhan yang mengancam sistem kelangsungan organisasi, potensi kerugian dan lain-lain.
 
Keluhan kategori kuning cenderung berhubungan dengan pemberitaan media dan menyebabkan potensi kerugian material. Sedangkan hijau adalah keluhan yang tidak menimbulkan kerugian berarti material mau pun bukan material."113 keluhan yang terdaftar di instalasi admisi itu semuanya kategori hijau. Jadi hanya terkait masalah pelayanan dan ketidaktahuan pasien," jelasnya.
 
Menurutnya, RSUP H Adam Malik terus berupaya memberitahu pasien mengenai prosedur atau cara berobat yang berlaku. Karena hal itu sudah menjadi ketentuan RS.Ia mengaku, pihaknya beserta para pegawai yang berhubungan langsung dengan pasien sudah berupaya maksimal. Mereka terus menginformasikan hal yang menjadi keluhan tersebut, tidak hanya luar kota, masyarakat Medan pun banyak pula yang mengeluhkan pelayanan informasi prosedur ini."Harapannya jumlah keluhan itu menurun setiap tahun. Kita juga menjadikan setiap keluhan sebagai perbaikan untuk RS ke depan," harap Masahadat.
 
Sementara itu, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP HAM, dr Mardianto SpPD KEMD menuturkan, pihaknya sudah menyediakan pelayanan dan informasi lengkap. Jika masyarakat ingin berobat, prosedurnya sudah diberitahukan saat berada di RS.
 
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276