Gebrakan LKP Membuat Festival Perlombaan Tari,Vokal,Cipta Lagu Pak Pak Patut Di Acungi Jempol

 



Dairi,(SHR)LKP(lembaga kebudayaan Pak pak)Jumat 2 Desember 2022, menyelenggarakan Festival  lomba Tari,Vokal,Cipta Lagu Pak Pak,di Gedung Djauli Manik.


Acara ini diikuti 21 tim peserta tari,21 peserta Vokal, dan 14 pencipta lagu pak pak,yang berasal dari Dalam dan luar Dairi,dari usia 15 tahun keatas.¹


Sebelum acara dimulai sang protokol Siswati Solin,diawali dengan laporan ketua panitia Ridwan Maibang,sekaligus penyerahan bendera pataka kepada ketua baru Aslim Padang untuk melanjutkan program LKP menghabiskan masa jabatan ketua lama Raja Umar Ujung.


Sambutan dari Tokoh Masyarakat  Abdul Angkat,dilanjutkan oleh kaban kesbangpol Mahadi kudadiri sekaligus mewakili Bupati Dairi membuka acara ini.Dalam sambutannya Mahadi menyampaikan terimakasih kepada LKP yang telah menyelenggarakan acara ini,semoga acara ini menjadi cikal bakal pengembangan budaya pak pak di bumi sulang silima ini. Atas nama pemerintah Kabupaten Dairi,siap mendukung membantu,program LKP untuk kemajuan Dairi. 


"Ibuatmo kalakati,asa ibaen taka pinang,ibuatmo kata sentabi,mendahi kene karina sitampuk bulung",inilah kata permisi dari Mahadi untuk membuka acara ini dalam bahasa pak pak.


Aslim Padang sebagai ketua terpilih untuk  melanjutkan kegiatan LKP menyatakan bahwa sebagai pelaku seni sejak tahun 1990,akan berusaha akan menjadikan event ini sebagai agenda setiap tahun untuk mengembangkan bakat seni terlebih anak muda agar disibukkan dengan berlatih ,artinya otomatis kegiatan negatif akan jauh dari kehidupan mereka.


Beliau juga berharap agar pemerintah dapat bergandeng tangan dengan LKP membangun,melestarikan budaya ditanah Dairi ini.Beliau juga mengatakan dalam kegiatan ini banyak dukungan dari semua etnis  di Dairi,tidak terlepas etnis tionghoa juga ",papar nya pada awak media .


Disparbudpora Dairi juga ikut partisipasi dalam acara ini.

Panitia juga mengadakan dewan juri dari pakar ahli sekolah seni,Penggiat  seni dan budaya.



Begitu juga ungkapan feny manurung sebagai penari dari sanggar D'ethnic  Dairi,yang di bina oleh Lisken Angkat menyatakan senang atas terselenggaranya event ini,dengan kesibukan acara ini pemuda kita akan terhindar dari bahaya narkoba dan akan menggali seni budaya pak pak lebih dalam lagi,dan seni seni lainnya dari 8 puak disumatra,"walaupun saya Toba namun saya sangat mencintai budaya pak pak,bahkan keluar sumatra saya membawakan budaya pak pak,"ucap nya.


Acara ini berlangsung dua hari tanggal 2 dan 3 Desember,hari pertama tim tarian telah selesai dengan hasil juara 1 no urut 15 yaitu sanggar D'ethnic, juara 2 no urut 7 dari sanggar Agam bungaran ,juara 3 nurut 9 SMA Negeri 1 Salak Pak Pak Bharat ,juara Harapan SMA Negeri 1Sidikalang,Dan juara Pavorit  di genggaman SMP Negeri  1 Lae Parira asuhan kepsek Budiman Sihotang.


Dari semua perlombaan LKP menyediakan total Hadiah 40 juta plus Tropi dan sertifikat.selama acara berlangsung konsumsi peserta di tanggung panitia penyelenggara LKP.Penyerahan Hadiah dan tropi akan dilaksanakan hari kedua sabtu 3 Desember 2022.LKP memang  layak diacungi Jempol dalam membangun dan melestarikan budaya pak pak,sesuai dengan nama organisasi ini.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.