Pandawa Lima Tampung Pengaduan Konsumen PDAM Tirta Kualo



T.BALAI (SHR)
Penggiat sosial Penyampai Apirasi dan Pendapat Warga Lintas Masyarakat atau "Pandawa Lima" membuka posko pengaduan untuk menerima keluhan pelanggan/konsumen PDAM Tirta Kualo Kota Tanjungbalai, Senin (14/10).

Posko tersebut bertujuan untuk menyerap keresahan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum/PDAM tersebut seperti beban rekening melonjak, kenaikan tarif, buruknya kualitas air, distribusi air yang sering mati dan pemutusan sepihak.

"Posko ini kami dirikan untuk menampung keluhan pelanggan yang merasa dirugikan atas buruknya pelayanan PDAM Tirta Kualo, Badan Usaha Milik Daerah itu," kata aktivis Pandawa Lima, Syafrizal Manurung.

Ia melanjutkan, setahun belakangan setelah PDAM dipimpin oleh Ruri Prihatini Lubis, hampir seluruh pelanggan mengalami kekecewaan atas buruknya pelayanan dan manajemen BUMD tersebut.

"Selain itu, kondisi perusahaan yang dinilai tidak sehat serta sistim penerimaan dan pengangkatan karyawan terindikasi KKN juga menjadi sorotan Pandawa Lima," ungkap Syafrizal Manurung.

Senada dikatakan aktivis Pandawa Lima, Fitra Ramadhan Panjaitan, bahwa keluhan pelanggan akan ditabulasi dan diresume menjadi bahan untuk melaporkan sekaligus menggugat Direktur PDAM Tirta Kualo ke lembaga terkait.

Laporan atau gugatan tersebut dilakukan mengingat setiap orang dijamin haknya untuk menyampaikan pendapat dan keluhan atas barang dan jasa yang dikonsumsi sebagaimana tersurat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Karena banyak konsumen tidak tahu kemana dan bagaimana cara menyampaikan keluhan dengan baik dan benar, maka Pandawa Lima yang akan membuat laporan dan menggugat atas buruknya pelayanan/kinerja PDAM Tirta Kualo.

"Untuk itu, kepada konsumen PDAM Tirta Kualo yang merasa dirugikan, kami imbau untuk menyampaikan keluhan ke Posko Pandawa Lima yang kami buka selama seminggu kedepan. Syaratnya bawa foto copy KYP dan rekening tagihan. Gratis atau tidak dipungut biaya," kata Fitra Ramadhan.

Pantauan dilapangan, Posko yang berdiri di jalan Sudirman (depan SMPN.1) Kota Tanjungbalai itu sudah ramai didatangi pelanggan yang menyampaikan berbagai keluhan.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Kualo, Ruri Prihatini Lubis, mengku senang atas adanya Posko pengaduan konsumen yang didirikan Pandawa Lima, alasan pihaknya merasa tebantu.

"Kl boleh pandawa 5 bantu jg menagihkan ya. Kami pihak pdam merasa terbantu sekali dengan dibentuknya posko ini," tulis Ruri melalui pesan WhatsApp.(Yunah.R).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.