SDN Negeri Nomor 101732 Kampung Lalang Selesai Melaksanakan Pesantren Kilat

 



Kampung Lalang,(SHR)Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nomor 101732 Desa Kampung Lalang, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang mengadakan pesantren kilat dari Hari Senin, (27/3/2023) sampai dengan Hari Kamis, (30/3/2023) berjalan dengan lancar dan penuh hikmah.

Pesantren kilat yang diadakan di sekolah tersebut di ikuti Kelas I sampai Kelas VI.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SDN  Nomor 101732 Riana Purba, S. Pd kepada awak media diruang kerjanya mengatakan, Pesantren kilat merupakan salah satu kegiatan SDN Nomor 101732 Desa Kampung Lalang, dimana dilaksanakan hanya saat bulan Ramadhan," jelas Riana Purba, S. Pd.

Dikatakannya, pesantren kilat itu semacam 'short course' untuk memperdalam ilmu agama. Pesantren kilat ini berlangsung selama 4 hari dan diperuntukkan bagi anak-anak SDN Nomor 101732.

"Banyak manfaat yang akan didapatkan saat mengikuti pesantren kilat ini, diantaranya mendapatkan Ilmu keagamaan yang lebih mendalam," jelasnya.

Dikatakannya, selama mengikuti pesantren kilat, para peserta akan diberikan pelajaran dan pemahaman mengenai ke Islaman secara lebih mendalam.

Biasanya, materi-materi yang diberikan saat pesantren kilat seperti membaca Al-Qur'an, praktik wudhu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang ke Islaman.

"Mengikuti kegiatan pesantren kilat ini dapat juga bertemu dan belajar bersama dengan teman-teman sekolah. Selain itu, enggak menutup kemungkinan juga akan menemukan hal-hal baru dari kegiatan tersebut," ujar Riana Purba, S. Pd.

Menurutnya, penyelenggara pesantren kilat biasanya menyisipkan materi-materi umum seperti psikologi, outbound, hingga kegiatan sosial. Untuk pesantren kilat kali ini, SDN Nomor 101732 membuka donasi sedekah harian yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan, seperti menyantuni yatim piatu. Dengan sedekah ini akan tercipta jiwa sosial dengan cara menyisihkan sedikit uang belanja untuk diberikan ke orang lain yang lebih membutuhkan.


Lebih lanjut dikatakan Riana Purba, S. Pd, peserta pesantren kilat biasanya diwajibkan untuk membaca Al-Qur'an. Karena kegiatan tersebut bertujuan  agar para peserta bisa fasih membaca Al-Qur'an, menghilangkan rasa malu membaca Al Qur'an, membiasakan diri membaca Al Qur'an. Selain membaca, siswa juga diminta untuk menyetor hafalan setiap harinya melalui guru pembimbing, katanya.


Kepsek SDN Nomor 101732 juga mengatakan, sebagai bukti bahwa mereka yang telah mengikuti kegiatan keagamaan ini, pihak penyelenggara akan memberikan penialaian khusus. Bagi para pelajar, penilaian ini sangat penting karena bisa menjadi bukti bahwa mereka telah mengikuti kegiatan keagamaan di luar sekolah. Enggak hanya itu, penilaian ini juga biasanya menjadi nilai tambah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Dikutip dari kata sambutan penutupan pesantren kilat dari Kepsek SDN Nomor 101732 Riana Purba, S. Pd dihadapan siswa/ i, guru-guru dan orang tua murid, dia merasa bangga karena kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar dan penuh hikmah.

Riana Purba, S. Pd juga mengharapkan kepada murid -murid yang telah mengikuti pesantren kilat tersebut dapat memperdalam agama Islam ke depan nya, supaya lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Riana Purba, S. Pd memberikan bingkisan kepada murid-murid nya yang telah mengikuti pesantren kilat untuk berbuka puasa. (Ceria).

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.