Disduk Capil Dairi Adakan Forum Konsultasi Publik (FKP)Bersama Para Tokoh ,Wujudkan Misi Ke 4 Menuju Dairi Unggul

 




Dairi,(SHR)Disdukcapil Dairi adakan forum konsultasi publik(FKP) di ruang konsultasi khusus Dinas catpil selasa 29 Nopember 2022.

Acara ini dihadiri oleh Tokoh Agama Kristen protestan,katolik, muslim,mahasiswa dan dosen STTOI,perguruan islam STAIS, mewakili Kepala desa Pangaribuan bapak lumbangaol,LSM dan Rekan Pers , petugas dari poltekkes Dairi,juga pengusaha,tokoh desa Bintang sebagai pemegang ulayat dan Anggota DPRD Charles Tambah,sekdis catpil Rayambong sitohang ,Mewakili Sekda kabag Ortala Bernad Naibaho ,S,sos,M.si,sekaligus membuka acara ini.

Dalam pemaparan  kadis catpil Deddy situmorang SE,M,si,
 menyampaikan  bahwa Dinas dukcapil saat ini sudah berupaya semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat.bahkan saat ini nilai indeks kepuasan masyarakat(IKM)triwulan terakhir sampai tanggal 27 nopember sangat baik mencapai 91,67.semua ini tidak lepas dari layanan "perkebas".

Rencananya untuk menindak lanjuti perbaikan pelayanan pada dinas pencatatan sipil tahun 2023.
Mempercepat durasi penyelesaian dokumen adminduk,memininalkan dokumen pendukung diluar Perpres No 96/2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran adminduk,sebagai peningkatan intensitas dan perbanyak publikasi.

Untuk menuntaskan cakupan kepemilikan dokumen adminduk masyarakat kabupaten Dairi yang telah dituangkan dalam RPJMD 2019_2024 dengan visi khususnya misi ke 4 merealisasikan dengan komitmen tinggi berprinsip(good governance)tata kelola pemerintahan yang baik,dan (celana goverment)pemerintahan yang bersih.

Target terakhir cakupan yang akan dicapai tahun 2023  adalah95,50%,hingga 2024 mencapai 100%.
Perkebbas adalah salah satu layanan publik berbasis online yang di Luncurkan Bupati Dairi Eddy Berutu sejak 1oktober 2020. Adalah layanan untuk mempermudah masyarakat  untuk memenuhi keabsahan adminduknya.

Kita juga menerapkan  kepada semua pegawai agar budaya 5S(salam,senyum,sapa,sopan,santun)dalam pelayanan kepada masyarakat,kegiatan studi tiru dengan dinas publik lainnya,bukan studi banding,dan mengoptimalkan standar layanan untuk tahun 2023,legalitas,penerbitan,pengesahan,keterangan,dan konfirmasi keabsahan jati diri masyarakat sebagai warga Dairi,dan target satu hari wajib selesai",papar deddy.

Deddy juga membuka transparan kinerja yang dilakukan dinas dukcapil saat ini yang sudah berkolaborasi dan menjalin MOU dengan pihak pihak tertentu seperti Pengurus gereja,KUA,Rumah sakit,puskesmas,kepala desa,sekolah,Pengadilan supaya kelahiran kematian,perkawinan,perceraian, dan perpindahan ,agar warga masyarakat tidak Simpang siur adminduknya.walaupun perpindahan antar propinsi dinas catpil siap untuk melayani tanpa harus meminta surat pindah dari Daerah asal.

Walaupun layanan Perkebbas sudah terealisasi di delapan kecamatan,dan bahkan beberapa desa telah dilakukan pelayanan 
door to door untuk kelengkapan adminduk masyarakat yang masih kurang paham.layanan perkebbas dan layanan Jempol yang sudah terealisasi 48 desa dari 161 desa 8 kelurahan dan 15 kecamatan,Puskesmas,Rumah sakit.

FKP ini adalah wacana yang melibatkan masyarakat untuk memberi masukan secara partisipatif antara Penyelenggara layanan publik yang transparansi dan efektivitas.

Pelayanan Dinas dukcapil akan semaksimal mungkin demi mewujudkan visi misi Pemerintah kita yaitu "Dairi Unggul"kiranya semua pihak dapat memberikan masukan  apabila ada kesalahan pelayanan,kita manusia biasa tidaklah sempurna,"tambah deddy.

Acara sesi tanya jawab berjalan lancar dan semua terjawab dengan baik,pihak catpil menjawab sesuai dengan bidangnya masing masing.para undangan puas dengan pemaparan dan jawaban yang di sampaikan.Para peserta mengapresiasi layanan dukcapil yang semakin kedepan terbaik.(Tim)


Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.