BPD Desa Helvetia Harus Semakin Netral PAW Calon Kepala Desa



Medan (SHR) - Proses Pemilihan PAW Kepala Desa baik Pilkades tentu sebuah bentuk praktek penyaluran kehendak rakyat di wilayah desa. Sehingga proses ini dikatakan sebagai bentuk asli demokrasi dan sekaligus ciri manifestasi dari kehidupan masyarakat yang berdemokrasi pancasila. Dalam UUD 45 pun sudah dinyatakan kedaulatan berada ditangan rakyat. Disinilah harus dipahami dengan benar, peran serta atau ujung tombak pemilihan PAW Kepala Desa ditangan masyarakat yang turut menentukan arah perubahan kehidupannya. Dan melihat dinamika politik masyarakat di masa PAW Kepala Desa Helvetia yang sedang dilaksanakan, Masyarakat Desa Helvetia Kec Sunggal semakin aktif kesadarannya berpartisipasi dalam segala kegiatan penyelenggaraan pemerintahan apalagi masyarakat Desa Helvetia mengalami dilema program pemerintah seperti BST/ BLT Dana Desa.Ungkap Hulman Sinurat,S.Pd, M.I.Kom

Lanjut, Sinurat, Melihat partisipasi masyarakat Desa Helvetia dalam proses pelaksanaan PAW Calon Kepala Desa Helvetia yang semakin terlihat nyata praktek demokrasi yang riel telah nyata dikehendaki  masyarakat Desa Helvetia ini dapat dilihat ketika Rapat Musyawarah Dusun untuk pengusulan Pemilik Hak suara dari masyakarat di rumah Darto Petrus Simanjuntak, Kepala Dusun IV yang dihadiri tokoh – tokoh masyarakat Dusun IV dan turut hadir Mangapul Tindaon, Ketua Satgas DPC HBB Deli Serdang, jelas terlihat “ Warga lebih paham memahami peraturan – peraturan yang dijadikan petunjuk teknis PAW Kepala Desa daripada anggota BPD yang diundang”.

Mengingat partisipasi masyarakat dalam perhelatan demokrasi pada pemilihan PAW Kepala Desa Helvetia yang telah berlangsung mulai dari Musyawarah Desa hingga pertemuan musyawarah dusun, diminta kepada seluruh anggota BPD Desa Helvetia agar  semakin netral dalam segala proses sehingga pemilihan Pergantian Antar Waktu ( PAW ) Kepala Desa berjalan lancar dan pihak Panitia pun sukses menjalankan pelaksanaan pemilihan ini.tanpa ada efek bagi BPD sendiri dikemudian hari. Sebab perlu diingat, Masyarakat saat ini benar – benar menghendaki pelaksanaan yang demokratis pemilihan Kepala Desa di Desa Helvetia karena mereka paham bahwa partisipasi politik ini turut untuk perubahan arah kehidupan mereka sendiri, tugas BPD tidak lain mengawasi Panitia dan menetapkan DPT bukan menetukan nama – nama yang diusulkan untuk DPS, Tegas, Hulman Sinurat yang juga Tokoh Warga dari Dusun IV. (Ceria)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.