Update Terbaru Covid-19 Kota Tanjungbalai periode Jumat, 3 April 2020


T.Balai (SHR)
Berdasarkan Data yang diterima dari Fasilitas Kesehatan Se Kota Tanjungbalai, Orang Dalam Pemantauan saat ini berjumlah 24 orang dan mengalami penurunan dari hari sebelumnya yang berjumlah 25 orang. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang pada hari sebelumnya 1 (satu) orang, saat ini tidak ada lagi. Pasien PDP asal Kota Tanjungbalai yang sebelumnya dirawat di salah satu Rumah Sakit di Kota Medan, sudah dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi Virus Corona (Covid-19). Terkait Pasien Suspect,  Positif dan Pasien Negatif hingga saat ini tidak ada.

Dari penjelasan diatas, disini kami ingin menjelaskan beberapa istilah yang sering didengar terkait Virus Corona diantaranya :

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)
ODP artinya seseorang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi vius corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona. Gejala tersebut meliputi demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sebab, mereka sudah masuk sebagai pasien yang perlu mendapatkan pengobatan.

3. Suspect
Suspect artinya pasien yang memiliki riwayat bepergian ke negara terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan pasien positif corona. Ia diduga kuat telah terinfeksi corona dan memiliki gejala terinfeksi virus itu.

Pasien dengan kategori suspect akan menjalani pemeriksaan dua metode, yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Dari pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah pasien dinyatakan positif corona atau negatif corona.

4. Pasien Positif
Pasien positif adalah pasien yang telah terbukti secara medis telah terinfeksi virus corona melalui proses pengujian laboratorium.

5. Pasien Negatif
Pasien negatif adalah pasien yang tidak terbukti terinfeksi SARS-CoV-2 melalui hasil pengujian laboratorium. Istilah ini juga bisa diberikan kepada pasien yang sebelumnya dinyatakan positif corona, namun sudah sembuh dan terbebas dari virus itu.

Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanjungbalai untuk bersama-sama melawan Penyebaran Virus Corona di Kota Tanjungbalai dengan menerapkan langkah-langkah dibawah ini :
1. Jangan Panik, tetap tenang dan tidak menyebarkan informasi yang belum tentu benar
2. Apabila anda Batuk, Flu dan demam segera memakai masker dan periksakan diri anda ke Puskesmas ataupun Rumah Sakit terdekat
3. Hindari keramaian/kerumunan, Jaga Jarak fisik (Physical distancing) saat berada disituasi tersebut
4. Tidak melakukan kontak Fisik saat bertukar salam
5. Rajin Olah Raga dan Istirahat yang cukup
6. Lakukan cuci tangan yang baik dan benar sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas
7. Konsumsi makanan bergizi
8. Kebijakan belajar dari rumah, berkerja dari rumah, dan beribadah di rumah betul-betul harus diterapkan secara efektif

Untuk melihat informasi terbaru setiap harinya terkait Covid-19 di Kota Tanjungbalai, segera kunjungi situs kami atau menghubungi Call Center kami sebagaimana tertera pada gambar.(Arsito).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.