Walikota Tanjungbalai Buka Acara Penyuluhan Pembauran Kebangsaan.



T.BALAI (SHR).
Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Tanjungbalai, menggelar kegiatan penyuluhan pembauran kebangsaan, di Aula Dinas Pendidikan, Jalan Gaharu, Kota Tanjungbalai, (Kamis, 12/3/2020). Kegiatan yang dilaksanakan khusus bagi para pelajar SMA Sederajat yang ada di Kota Tanjungbalai dan mengangkat Tema "Melalui Pembauran Kebangsaan Kita Tingkatkan Peran Serta Generasi Muda Dalam Mewujudkan Demokrasi yang Bermartabat dan Pilkada Damai 2020"

Acara dibuka langsung oleh  Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH dan turut dihadiri Asisten Pemerintahan, Nurmalini Marpaung, S.Sos. M.I.Kom, Asisten Ekbangsos, Drs. H. Zainul Arifin, Kaban Kesbangpol Kota Tanjungbalai, Usni Syahzuddin Sinaga, S.Sos, Para Kepala Sekolah SMA sederajat Kota Tanjungbalai serta Para siswa peserta penyuluhan dari SMA sederajat Kota Tanjungbalai yang berjumlah kurang lebih 100 orang peserta.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kembali tentang pembauran kebangsaan, sedangkan tujuannya adalah tetap menjaga dan memelihara keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa serta tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Tanjungbalai, yang diwakili Kabid Wasbang. 

Pesertanya terdiri dari para pelajar SMA sederajat yang telah berusia 17 tahun sebanyak 100 peserta yang nantinya akan mendapatkan pembekalan materi dari narasumber terkait peran serta generasi muda dalam mewujudkan demokrasi yang bermartabat dan pilkada damai 2020.

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial dalam sambutannya mengatakan, pembauran kebangsaan ini perlu diperjuangkan maksimal. Saat ini di beberapa daerah masih terjadi konflik antar ras, etnik, agama dan suku bangsa. “Konflik yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan perasaan ego yang berlebihan dan memudarnya rasa toleransi antar umat beragama,” katanya.

"Salah satu cara karakteristik Indonesia sebagai bangsa adalah kemajemukannya yang memiliki beragam suku ,etnis, budaya dan bahasa yaitu mempunyai 6 agama dan berbagai penganut aliran kepercayaan lainnya"

Kita ketahui bersama dalam waktu dekat ini Kota Tanjungbalai akan melaksanakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pemilihan tersebut akan dilaksanakan pada bulan September namun pengaruhnya telah langsung dirasakan masyarakat tanpa mengenal status sosial, waktu dan tempat yang ditandai dengan meningkatnya suhu politik, ujarnya

Saya berharap kepada para siswa-siswi untuk bisa menimba ilmu yang sebaik-baiknya karena persaingan sangat cepat dan berat. Diminta kepada para siswa jangan langsung percaya dengan berita Hoaks yang terdapat di media sosial. Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengharapkan kepada pelajar SMA sederajat di kota Tanjungbalai untuk bersama-sama menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif di Kota Tanjungbalai, jangan mudah terprovokasi dengan isu yang belum dapat dibuktikan kebenarannya, jelasnya

Melalui kegiatan yang sangat positif ini, Pemerintah Kota Tanjungbalai sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tanjungbalai, semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini para siswa dan siswi yang ada di Kota Tanjungbalai dapat menjadi panutan dalam memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, tegas Wali Kota H.M Syahrial

Menurut Wali Kota lagi, tugas dan tanggungjawab kita saat ini adalah memperkokoh sikap nasionalisme, patriotisme dan heroisme yang tentunya tidak lagi dengan mengangkat senjata seperti para pejuang kemerdekaan dahulu. ”Tetapi dengan berjuang melakukan pembauran kebangsaan secara bulat, utuh dan menyeluruh dengan segenap hati, jiwa dan raga,” tandas Wali Kota

Pihaknya juga mengajak kepada semua elemen masyarakat khususnya dan juga para pelajar di Kota Tanjungbalai, untuk rapatkan barisan, tingkatkan toleransi, saling peduli terhadap lingkungan sekitar. Sehingga Kota Tanjungbalai tercinta ini semakin kondusif sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lain. “Semoga kegiatan ini dapat memotivasi kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, agama, bangsa dan negara,” tutup Wali Kota.(Arsito).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.